ANALISIS TRANSPORTASI TERHADAP PENERAPAN ARUS LALU LINTAS SATU ARAH

Ishak Ishak

Sari


Perubahan arus lalulintas satu arah (One Way Street)  pada ruas jalan yang diterapkan Pemerintah Kota Jambi tentunya akan berimbas pada pengguna jalan  yang  semakin meningkat karena  menghubungkan ke jalan utama. Dengan semakin meningkatnya para pengguna jalan (kendaraan bermotor) maka akan mempengaruhi kinerja dan tingkat pelayanan jalan tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memiliki tahapan-tahapan, mulai dari studi literatur dan pengumpulan data secara primer dan sekunder. Selanjutnya pengumpulan data hambatan samping dilakukan dengan menghitung dan mencatat jumlah aktivitas samping jalan pada lokasi penelitian selama periode pengamatan yang dilakukan oleh beberapa surveyor. Hasil perhitungan kecepatan arus bebas Kol. Amir Hamzah yang menggunakan arus satu arah didapat sebesar 51 km/. Derajat kejenuhan ( DS) atau tingkat pelayanan  jalan satu arah (One Way Street) Kategori C dan Kategori B, berarti arus lalu lintas masih baik (lancar)

Teks Lengkap:

Hal 57-62

Referensi


Adisasmita Sakti Adji (2011). Jaringan Transportasi Teori dan Analisis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Khisty Jotin, C dan Kent Lall, B. (2005).Dasar Dasar Rekayasa Transportasi.

Edisi3, Penerbit Erlangga, Jakarta.

MKJI (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Tamin, O. Z. (2000).Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Suwardi (2009). Jurnal Teknik Sipil vol.7 No.2, Surakarta

Putranto Surya Leksmono. (2008). Rekayasa Lalu Lintas, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v2i1.1071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.