EFEKTIVITAS KERJA SATUAN TUGAS PEMADAM KEBAKARAN DI DINAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN AGAM

Endri Fiondra, Erry Gusman, Edi Haskar

Sari


Tugas pokok petugas pemadam kebakaran adalah melaksanakan sebagian kewenangan daerah dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang meliputi pencegahan, pembinaan dan penyuluhan, serta pengendalian operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kerja petugas pemadam kebakaran Kabupaten Agam, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metode yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian, Efektivitas kerja petugas pemadam kebakaran Kabupaten Agam sudah berjalan tapi belum optimal. Adapun Kendala dari efektivitas kerja petugas pemadam kebakaran Kabupaten Agam adalah kecepatan dan ketepatan informasi kebakaran, luas daerah Kabupaten Agam yang begitu besar, keterbatasan sarana dan prasarana, kekurangan jumlah personil dan keterampilan personil, kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat sekitar pada saat terjadi kebakaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu menginformasikan nomor telpon posko-posko pemadam kebakaran, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, juga media (jurnalis) serta menggunakan sosial media, memaksimalkan penempatan posko-posko yang dianggap dapat melayani beberapa Kecamatan sekaligus bekerja sama dengan dinas-dinas terkait, mengajukan untuk penambahan armada dan rekondisi armada lama, penambahan posko dan anggota satgas dan mengadakan pelatihan personil secara bertahap serta menertibkan masyarakat sekitar pada saat terjadi kebakaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU:

Dewi Kurniawati. Taktis Memahami Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Surakarta: PT Aksara Sinergi Media. 2013.

Jonaedi Efendi & Jhonny Ibrahim. Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenada Media Grup. 2016.

Peter Mahmud Marzuki. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. 2018.

JURNAL

Damayanti, Devi, Neti Sunarti, and Otong Husni Taufiq. "Efektivitas Pelayanan Pemadaman Kebakaran Oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran Di Kabupaten". Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 7.1. (2021).

Fitri, Annisa, Musri Musri, and Ilham Syahrial. "Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan". Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi 2.1. (2022).

Hidayat, Sofyul, and Irwan Nasution. "Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Pemerintah bagi Masyarakat dalam Mengatasi Musibah." JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 1.2. (2013)

Nurfitriani, Sri. Strategi Upt Pemadam Kebakaran (Damkar) Dalam Menanggulangi Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Studi Kasus: Upt Pemadam Kebakaran Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis). Disertasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Putro, Agung Rizky Hariyo. "Peran Dan Fungsi Pemadam Kebakaran Berdasarkan Pasal 21 Ayat 2 Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sanggau". Jurnal Hukum Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Untan (Jurnal Mahasiswa S1 Fakultas Hukum) Universitas Tanjungpura 1.1.

Yasser, Yasser, Lukman Hakim, and Nurbiah Tahir. "Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Enrekang." Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP) 1.3. (2020)


Article Metrics

Sari view : 272 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :