TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DI KOTA PADANG PANJANG

Dermaul Ikhlas, Wendra Yunaldi, Syahril Syahril

Sari


Musrenbang merupakan salah satu wahana bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan sehingga menghasilkan program dan kegiatan yang strategis di daerah dalam rangka untuk mencapai tujuan bersama. Masyarakat berhak untuk menyampaikan masukan dan saran agar pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Pasal 24 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan bahwa Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyusun rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah berdasarkan hasil Musrenbang. Namun dalam pelaksanaannya, Bapelitbang Kota Padang Panjang hanya melaksanakan formalitas musrenbang belaka sehingga hasil musrenbang belum mampu melahirkan program/kegiatan yang strategis untuk pembangunan di Kota Padang Panjang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Tugas Pokok dan Fungsi Bapelitbang dalam Musrenbang, Apa Kendala yang dihadapi Bapelitbang untuk mengoptimalkan usulan hasil Musrenbang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian yaitu Tupoksi Bapelitbang dalam pelaksanaan musrenbang adalah sebagai pendamping/pengarah serta pengawas pelaksanaan musrenbang di tingkat Kelurahan/Kecamatan, sedangkan dalam musrenbang Kota, Bapelitbang sebagai penyelenggara. Disamping itu, Bapelitbang juga berfungsi sebagai penyusun regulasi tentang pelaksanaan musrenbang. Rendahnya SDM dan jumlah Aparatur yang ada, serta kurangnya pemahaman masyarakat terhadap musrenbang menjadi kendala bagi Bapelitbang untuk berperan secara aktif dalam mengoptimalkan usulan hasil Musrenbang sehingga usulan Musrenbang menjadi tidak efektif dan efesien.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU

Loekman Soetrisno. (1995). Menuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius.

Mariun. (2014). Asas-Asas Ilmu Pemerintahan. Yoyakarta : UGM Press.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Cet. 10, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruddy Wiliams. (2001). Klasifikasi Perencanaan Pembangunan Kota Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Widiatama.

Soehino. (1998). Ilmu Negara. Cet. 1, Yogyakarta : Liberty.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. 1. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

W. Arthur Lewis. (1980). Dasar-Dasar Perencanaan Ekonomi Negara, [The Principles Of Economic Planning]. Diterjemahkan oleh Drs. Moh. Radjab Almarhum, Diolah kembali oleh Dewan Redaksi Bharatara Karya Aksara, Ed. 2, Cet. 4, Jakarta : Bhratara Karya Aksara.

JURNAL

Arlin Kandati, Ismail Sumampow, Stevanus Sampe. (2020) “ Perencanaan Pembangunan Melalui Musrembang di Desa Batumbalango” Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Vol. 2 No 5.

Armando Soares, Ratih Nurpratiwi dan M. Makmur. (2015) “Peranan Pemerintah Daerah Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4 No 2.

Dzunuwanus Ghulam Manar. (2014) “ Evaluasi Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan : Kajian Atas Pelaksanaan Musrenbang di Jawa Tengah” Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 13 No 1.

Fauzi Iswari dan Rizki Jayuska. (2022). “Efektifitas Partisipasi Masyarakat Dalam Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat: Pagaruyuang Law Journal, Vol. 5 No. 2.

Fauzi Iswari, Yohanes Alri, Mira. (2020). “Partisipasi Masyarakat Melalui Konsultasi Publik Dalam Proses Pembentukan Peraturan Daerah Di Kota Solok Tahun 2018: Pagaruyuang Law Journal, Vol. 3 No. 2.

Heru Sulistiyo. (2019) “ Proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur” Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan, Vol. 4 No 2.

Moh. Farid, Noora Fithriana. (2016) “Implementasi Kebijakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumenep” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 5 No 2.

Muh. Ryan Pratama, Fatmawati, Ruskin. (2018) “Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan

Pembangunan Desa Di Desa Ujung Mattajang Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara” Jurnal Administrasi Publik, Vol. 4 No 1.

Samsul Ma’rif, Prihadi Nugroho, dan Lydia Wijayanti, “Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Semarang”, Riptek, Vol. 4 No. 11.

Yessi Hayati. (2022). “Efektivitas Pelaksanaan Musrenbang Melalui Aplikasi E-Planning di Kantor Kecamatan Dumai Kota” Jurnal Niara”, Vol. 15 No. 1.


Article Metrics

Sari view : 142 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :