Peran Manajemen Kepemimpinan di Pesantren Modern Babussalam dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam

Zainur Rozzaqiyah, Jainatin Halomoan Hrp, Muhammad Ibnu, Muhammad Syahan, Amiruddin Siahaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran manajemen kepemimpinan dalam mengelola lembaga pendidikan islam di pesantren modern Babussalam. Pada penelitian ini, analisis deskriptif kualitatif digunakan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah salah satu bentuk kepemimpinan dalam institusi pendidikan Islam. Salah satu elemen pendidikan yang paling penting dalam menentukan keberhasilan sekolah adalah kepala sekolah. Kepala sekolah harus memiliki empat hal penting, yaitu: kepribadian dan keterampilan kepemimpinan, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan sosial, dan pengetahuan dan kemampuan profesional. Ini karena dia adalah pemimpin lembaganya. Penelitian ini menemukan bahwa pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, dan innovator adalah tugas dan peran kepala sekolah untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Kata Kunci: Peran, Manajemen, Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Islam


References


Ardi. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 6(1), 71.

Arifudin. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Dengan Kinerja. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 178.

Bahri, S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis) (Widina Bha).

Effendy. (2021). Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Bhratara Karya Aksara.

Fahmi. (2018). Manajemen Kepemimpinan Teori dan Praktek (Alfabeta).

Hanafiah, H. (2021). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep dan Perkembangan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213.

Husaina. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajeman, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 44.

Imron. (5329). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Berprestasi, Disertai Doktor. IKIP Malang.

Irwanto. (2019). Kepemimpinan Esensi dan Realitas. Banyumedia.

Kristiawan. (2017). Manajemen Pendidikan (Deepublish).

Masyhud. (2019). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam (Erlangga).

Munawwir. (2019). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Pidarta. (2021). Manajemen Pendidikan Indonesia. Bumi Aksara.

Saksono. (2022). Filsafat Kepemimpinan Studi Komparatif US Army, ABRI, dan Islam. Grafikatama.

Sugiarto. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis (Suaka Medi).

Supriani. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntasi), 4(1), 380.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291.

Tobroni. (2018). The Spiritual Leadership Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis. UMM Press.

Ulfah. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i1.5531

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.