Kontribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Kuranji Padang

Azvi Rahmi, Handriadi Handriadi, Fatimah Fatimah, Serpuadi Zeky, Rafil Mulya

Abstract


Kompetensi pedagogik guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di kelas, kompetensi pedagogic guru yang lemah akan mengakibatkan tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Kompetensi pedagogic ini merupakan kecakapan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk merancang dan merumuskan perangkat pembelajaran (RPP), apalagi saat sekarang kini guru sudah harus mampu mengimplementasikan modul ajar sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan saat kini. Sudah semaraknya usaha pemerintah memberikan pelatihan atau bimtek kepada guru guna untuk mengasah dan meningkatkan skill guru dalam merancang dan membuat modul ajar, tapi masih ditemukan sebagian guru yang mengcopy paste diinternet. Guru masih belum mampu mengembangkan bahan ajar serta penggunaan media yang sesuai. Masih minimnya kemampuan guru dalam menggunakan metode atau strategi yang tepat sesuai dengan kurikulum yang diterapkaan saat ini. Apalagi sekarang pembelajaran berbasis proyek, guru harus paham apa yang akan dicapai proyek tersebut sehingga dapat terseleseikan dengan baik. Masih ada sebagian guru yang belum mampu menguasai konsep materi yang akan diajarakan kepada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai dengan maksimal. Kemampuan pedagogik guru ini masih perlu dipertajam agar tujuan pendidikan dikelas tersebut dapat tercapai sesuai dengan harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi KKG terhadap kompetensi pedagogic guru SDN Kuranji Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Yang menjadi Sampel dalam penelitian ini yaitu guru SDN Kuranji Kota Padang yang berjumlah 78 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Analisis data terdiri dari 1) deskripsi data, 2) uji prasyarat, 3) pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini terdapat kontribusi yang signifikan dari kelompok kerja guru (KKG) terhadap kompetensi pedagogic guru SDN Kuranji Padang sebesar 79.00% tingkat capaian responden baik. Hal menunjukkan bahwa kelompok kerja guru (KKG) sangat penting  dalam mengubah kompetensi pedagogic guru. Untuk itu diharapkan kepada semua guru SDN Kuranji Padang dapat mengikuti program KKG yang telah ditetapkan sebagai lembaga atau wadah pengembangan kemampuan guru, agar kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogic dapat menjadi lebih baik lagi.


References


Achmad, A. K. (2021). Peranan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Sebagai Skoci Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. J-Mpi, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.10671

Alwi, M. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2), 17. http://www.pikiran-rakyat.com/diambil

Arsyad, & Sulfemi, wahyu bagja. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 53. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522

Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151

Bagou, dewi yulmasita, & Suking, A. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Budiana, I., Warhdana, N., & Barlian, U. C. (2021). revitalisasi kelompok kerja guru untuk peningkatan kompetensi profesional guru di tk negeri pembina centeh kota bandung. Jurnal Studi Islam, 2(2), 129–143.

Dariyanto, D., Suharjuddin, S., & Awiria, A. W. (2021). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal IPMAS, 1(2), 59–66. http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11761%0Ahttp://repository.ubharajaya.ac.id/11761/1/JURNAL ABDIMAS PTK J.IPMAS 2021 %281%29.pdf

Giarti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 37–46. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/26/24/

Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 2(1), 12–16. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/about

Hasmiati, Yunus, M., & Elpisah. (2022). Pengaruh Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Jurnal Education and Development, x(2), 612.

Jumiatun. (2018). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU ( KKG ) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL. An -Nizom, 3(1), 119–127.

Kamaliah, K. (2023). Eksistensi Kelompok Kerja Guru Dalam Penguatan Kompetensi Profesional Guru Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Banda Aceh. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 114–122. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.391

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045

Maranting, H. S. (2020). Peranan Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnl Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 76–87.

Mongin, & Ruwandi. (2023). Jurnal Al – Qiyam. Jurnal Al-Qiyam, 4(1), 168–175.

Noviani, baiq farida. (2019). meningkatkan kompetensi guru kelas dalam penyusunan RPP melalui pendampingan berbasis KKG di SD negeri 34 mataram semester dua tahun pelajaran 2017/2018. 13(9), 1593–1604.

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Pawar, N. (2021). 6 . Type of Research and Type Research Design (Issue December 2020).

Rahman, A. (2022). analisis pentingnya pengembangan kompetensi guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v2i1.224

Rakhman, A., & Brata, yat rospia. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogikdan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 259–264. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1921

Rasyid, harun al. (2015). FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) BAGI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU SEKOLAH DASAR Harun. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 6(19), 143–150.

Resmini, W. (2010). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru Melalui Kelompok Kerja Guru (Kkg). GaneÇ Swar, 4(1), 59–62. file:///C:/Users/DELL/Downloads/diklat kkg.pdf

Rozi, F. (2022). Penguatan Dasar Pendidikan Jasmani dan Teknologi Pendidikan pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.37010/pnd.v1i1.552

Suherman. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Ulumuddin, 3(1), 25.

Sukirman, S. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & …, 4(1), 1–8.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Supriatna, I., & Lusa, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Di …. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 104–110. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/8583%0Ahttps://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/download/8583/4411

Suprijanto, E., & Arikunto, S. (2016). Efektivitas Pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (Kkg) Di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 141. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12914

Syahid, A. (2020). Studi Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa pada Kelas VIIIC SMP Negeri 18 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(2), 5–9.

Tantara, W. (2016). No Title. JIME, 2(2), 121–132.

Widiastuti, wiwik wahyu. (2022). Pengaruh Kelompok Kerja Guru ( KKG ) dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. 10(1), 21–33.

Wira, ida ayu dwidyaniti. (2022). No Title. PINTU:Pusat Penjamin Mutu, 3(1), 53–64.

Wirentanus, W. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Dondak Kec. Pujut Tahun pelajaran 2018/2019”. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i1.1021

Yudisetiawan, M., Retoliah, & Zaitun. (2022). peranan kelompok kerja guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah ibtidayah nurul hasan tumbu mamuju tengah. AL-TAWJIH:Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 45–61.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i1.5448

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.