Telaah Ringkas Kitab Risalah Al Nur Oleh Said Nursi

Ahmad Nabil Amir

Abstract


Artikel ini meninjau secara ringkas kitab Risalah al-Nur karangan Said Nursi. Ia bertujuan melihat latar belakang sejarahnya dan pengaruhnya dalam tradisi pemikiran dan intelektual Islam yang berkembang di bawah pemerintahan Turki moden. Ini ditilik dari tafsiran dan ajaran-ajaran moral dan spiritualnya yang memberikan pandangan yang dinamik dan rasional tentang kosmologi al-Qur’an, nilai-nilai moraliti dan konteks sosio-historisnya, dan sumbangannya terhadap perkembangan pemikiran dan peradaban manusia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menerapkan metode kajian historis bersifat dokumentasi dan analisis kandungan. Dapatan kajian menunjukkan keutamaan kitab tafsir Risalah al-Nur oleh Said Nursi ini dalam merumuskan fungsi al-Qur’an dan hadith dan hubungannya dengan pemahaman wahyu dan sejarahnya serta pembentukan hukum dan falsafahnya. Ini dimanifestasikan secara empirik dan ilmiah melalui perbandingan dan analogi yang memberikan pembuktian yang mendasar tentang dalil-dalil kemukjizatannya dan pengaruhnya dalam memperkuat keyakinan tauhid dan psikologi keagamaan umat. Dalam konteks penafsiran dan signifikasi sejarahnya, diskursus yang dibawakan dalam kitab Risalah al-Nur ini mendasari pandangan hidup dan nilai yang digariskan oleh al-Qur’an dan hadith dan kebenarannya yang didukung oleh hukum-hakam sains serta kontekstualisasinya dalam kehidupan moden.


References


Bediuzzaman, Said Nursi. Risale-i Nur Collection, Sukran Vahide (tr.). Istanbul: Sozler Publications A.S., 2008.

El-Fadl, Khaled Abou. Atas nama Tuhan: dari fikih otoriter ke fikih otoritatif. Jakarta: Serambi, 2003.

Gadamer, Hans G. Philosophical hermeneutics, D. E. Linge (tr.). Berkeley, Los Angeles: University of California Press, 1976.

Mardin, Serif. (1991). Religion and social change in modern Turkey: the case of Bediuzzaman Said Nursi. New York: State University of New York Press.

Rahman, F. (1982). Islam and modernity: transformation of an intellectual tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Sharifah Norshah Bani Syed Bidin dan Ahmed S.A. al-Qodsi, “Pemikiran Tasawwuf Badi'uzzaman Sa'id Nursi dalam Dakwah,” Journal of Personalized Learning 3, no. 1 (2020): 24-30.

Syauqi, Muhammad Labib. Mengenal Risalah Nur karya Said Nursi dan metodologi penafsirannya. Maghza, Vol. 2, No. 1 (Jan-Juni, 2017), 109-124.

Vahide, Sukran (2005). Islam in modern Turkey: an intellectual biography of Bediuzzaman Said Nursi. New York: State University of New York Press.

Vahide, Sukran (2007). Biografi intelektual Badiuzzaman Said Nursi: transformasi dinasti Usmani menjadi republik Turki, Sugeng Haryanto, Sukono (terj.). Jakarta: Anatolia.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i2.4905

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.