Pembinaan Ibadah Salat Anak Asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Timur

Wardahtul Khaira, Afnibar Afnibar, Zakirman Zakirman

Abstract


Fenomena yang terjadi pada anak asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang KotoTangah Timur, yaitu masih banyak di antara mereka belum melaksanakan ibadah salat karena Allah SWT. Kebanyakan dari anak asuh ini melaksanakan salat hanya karena rasa takut kepada Pembina, karena akan diberi sanksi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian yang dijadikan sampel penelitian ini terdiri dari pembina yang berjumlah 3 orang, dan anak asuh sebanyak 5 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) pembiasaan yang dilakukan pembina, adalah anak asuh melaksanakan ibadah salat lima waktu secara berjamaah. Pengajaran dilakukan dengan memberikan materi tentang tata cara pelaksanaan salat, bacaan, dan cara mempraktekannya; (2) Keteladanan dilakukan pembina, dengan mencontohkan salat yang benar, dan secara lemah lembut serta tegas mengajak anak asuh salat berjamaah.; dan (3) Motivasi yang dilakukan pembina, dengan cara pemberian pujian dalam pemahaman tentang kewajiban menjalankan salat, dengan ungkapan seperti bagus, dan hebat. Penghargaan berupa hadiah diberikan ketika puasa, mengaji, dan hafalan ayat. Peringatan diberikan dengan cara menegur terlebih dahulu, kemudian menanyakan alasan apabila tidak berubah, maka akan dimarahi bahkan diberikan hukuman, ditakut-takuti, akan dipulangkan kepihak keluarga anak asuh.


References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Aryanto, I. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Rohani Islam (Warois) Untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(3), 241–260.

Filasofa, L. M. K. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 79–84.

Maragustam, M. (2015). Paradigma holistik-integratif-interkonektif dalam filsafat manajemen pendidikan karakter. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 11(1), 122–144.

Masrofah, T., Fakhruddin, F., & Mutia, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu). TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 39–58.

Masyhur, R. (2018). Kinerja Pengasuh dalam Pembinaan Akhlak Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu Kinderhut Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 1(2).

Muhajarah, K. (2016). Kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga: Perspektif sosio-budaya, hukum, dan agama. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 127–146.

Rambe, M., & Warnisyah, E. (2021). Metode Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Era Digital. Jurnal Studi Sosial Dan Agama (JSSA), 1(2), 239–253.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Sofia, S. (2020). Upaya Orang Tua Dalam Pembinaan Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini di Desa Balai Makam. AL-QOLAM: Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 77–98.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sulthoni, Y. (2013). Strategi pembentukan karakter anak di panti asuhan muhammadiyah wiyung Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 272–287.

Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.

Taswin, M. (2022). Bimbingan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Anak Yatim di Panti Asuhan Baramuli Lapalopo Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang [PhD Thesis]. IAIN PAREPARE.

Wijaya, H. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: Sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.4236

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.