Analysis Persyaratan Mata Kuliah Bahasa Inggris Pada Jurusan Ekonomi Syariah STES Manna Wa Salwa

Muthia Rahman, Fauziah Fauziah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan mata kuliah Bahasa Inggris pada jurusan Ekonomi Syariah. Hal ini fokus dalam menganalisis persyaratan target dan pembelajaran. Seluruh peserta didik pada jurusan Ekonomi Syariah STES Manna Wa Salwa dipilih sebagai sample dari penelitian ini. Jenis penelitian kualitatif adalah jenis dari penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah kusioner dan wawancara. Dari data yang diperoleh ditemukan bahwa tujuan akhir dari mata kuliah Bahasa Inggris pada jurusan Ekonomi Syariah adalah agar peserta didik mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan yang dapat di terapkan di dunia kerja. Dari analisis kebutuhan belajar didapatkan hasil bahwa peserta didik membutuhkan keahlian berbicara yang baik agar mereka dapat masuk ke dalam persaingan dunia kerja di masa yang akan datang. Komponen-komponen keahlian berbicara yang terkait dengan kebutuhan di dunia kerja nantinya sangat penting untuk dicapai, sehingga peserta didik dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dengan lancar dan penggunaan bahasa yang tepat. Sehingga hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi para pendidik dan pihak terkait dalam menyusun silabus, materi dan bahan ajar.


References


F. H. Boyoh, “Pengaruh Kebiasaan Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris,” Inference: Journal of English Language Teaching, vol. 1, no. 1, 2018.

E. Oktivera and F. A. W. Wirawan, “Program Peningkatan Kemampuan Komunikasi dalam Menghadapi Wawancara Kerja,” Jurnal Karya untuk Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2020.

D. Hidayati and Arif Nur’aini, “Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah,” Jurnal Eksyar, vol. 07, no. 02, 2020.

F. Alfarisy, “Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia,” JUrnal Ilmial Profesi Pendidikan, vol. 6, no. 3, 2021.

R. Yulian and Y. Yuniarti, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUSINESS ENGLISH BERBASISKAN PENDEKATAN MULTIMODALITY DAN AUTHENTIC MATERIALS,” Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, vol. 8, no. 2, 2019, doi: 10.29406/jpk.v8i2.1870.

Y. Sibaroni, “Klasifikasi Skor Kompetensi Bahasa Inggris untuk Penentuan Jenis dan Jumlah Mata Kuliah Bahasa Inggris (Studi Kasus IT Telkom),” Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, vol. 2, no. 1, 2011.

K. Situmorang, D. Y. Nugroho, S. M. Pramusita, E. I. Manurung, and B. C. Albertina, “Mengenal TOEFL ITP untuk Menunjang Karir Akademik,” Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 4, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.4192

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.