Implementasi Model Pembelajaran Soft-Skills Dalam Membentuk Moralitas Siswa Di SMP N 11 Sijunjung

Rosmiati Rosmiati, Suswati Hendriani

Abstract


Soft skills adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Dalam hal ini, soft skills adalah karakter bawaan individu. Soft skill bisa saja dipelajari, akan tetapi tidak dengan cara belajar formal layaknya di bangku sekolahan atau perkuliahan. Hal itu dapat dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, serta dengan melatih kepekaan sosial. Dengan begitu, individu itu dapat menerapkannya pada perilaku yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuan soft skills. Di era golobalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, siswa diharapkan bukan saja ditutut untuk menguasai pengetahuan semata, namun juga dituntut menguasai Soft-skills sehingga nantinya setelah tamat dari bangku pendidikan dapat diandalkan dalam dunia kerja dan dimasyarakat. Untuk mencapai tujuan itu perlu dalam kegiatan pembelajaran khususnya matematika sejak dini siswa dilatih bagaimana berkomunikasi yang efektif, bekerjasama dalam tim), disiplin diri, kerja keras, kreatif, kritis, percaya diri. dengan adanya kebiasaan seperti ini, akan melahirkan manusia yang memiliki kemampuan pengetahuan yang unggul dan disertai dengan etika dan moral baik pula.

References


Elfindri Et Al., 2010. Delicate Abilities Untuk Pendidik. Jakarta: Badouse Media.

Imam Malik Ibn Anas. Al-Muwatta Jilid I, Bab Husnul Khuluq. Beirut: Al-Maktabah Al-Ilmiah.

Lickona. Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Terjemahan Dari ‚Educating For Character,‛ Oleh Lita S, Bandung: Nusa Media.

Handini, Risa. 2013. Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1 Tahun Ke III 2014 : 1-7

Yaumi, Muhammad Dan Nurdin Ibrahim, Pembelajaran Berbasis Kecerdasanjamak, (Multiple Intelligences), Cet. I,Jakarta: Kencana, 2013.

Yusuf,Syamsu Dan A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Nuryanto, Muhammad Badarudin, 2019, Implementasi Pendidikan Soft Skills Dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah, Jurnal, Elementary.

Wiwik, Pengembanagan Delicate Ability, Hard Skill, Dan Life Ability Siswa Dalam Menghadapi Time Globalisas. (Http:Www.Info Diknas.Com,Diakses 10 September 2018 Stick 11.30) Www.Sociologyonline.Co.Uk/Globalgiddens1.H Tm

Noormawanti, I. 2019. Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(01), 37. Https://Doi.Org/10.32332/Jbpi.V1i01.1473

Bratajaya, C. N., & Ernawati, E. 2020. The Soft Skills Of Millenial Generation Orientee Nurses. Jurnal Keperawatan, 11(1), 12. Https://Doi.Org/10.22219/Jk.V11i1.10536

Dkk, H. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Fadli, M. R. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 22.

Ida Ayu Putu Anggie Sinthiya, E. S. R. (2022). Implementasi Pendidikan Soft Skills Dalam Membentuk Moralias Generasi Muda Di Era Globalisasi. Edification, Vol.5, 1–11.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Jm.V11i2.8709




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.3966

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.