Pengembangan Evaluasi UASBN Bahasa Arab Dengan Media Wondershare Quiz Creator

Nurul Fakhrin, Rifana Wahdi, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX C MTsN 9 Bantul. Dalam Pelaksanaan Evaluasi / ujian UASBN di MTsN 9 Bantul tidak mencakup empat kemahiran yang harus diuji dalam bahasa Arab dan menurut siswa soal ujian yang diberikan tidak menarik dan membosankan sehingga siswa seringkali tidak serius dalam mengerjakan soal ujian. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan spesifikasi media evaluasi wondershare quiz creator dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bahasa Arab di kelas IX C MTsN 9 Bantul, mengembangkan UASBN bahasa Arab dengan menggunakan media wondershare quiz creator di kelas IX C MTsN 9 Bantul dan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan UASBN bahasa Arab dengan menggunakan media wondershare quiz creator di kelas IX C MTsN 9 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R & D yang mengacu pada model yang dikenalkan oleh Borg and Gall. Tehnik pengumpulan data melalui : 1) Observasi 2) tes 3) Angket. Teknik analisis data menggunakan analisis isi pembelajaran dan analisis deskriptif. Penelitian ini terbukti telah efektif, menarik dan valid dalam pengembangannya yang didasarkan pada hasil yang di dapat dari ahli materi 87,5% dan ahli media 92,36%, serta tanggapan siswa kelas IX C 82,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan evaluasi UASBN Bahasa Arab dengan menggunakan media ini telah menyediakan aplikasi berupa media evaluasi yang disajikan di komputer. Media ini telah memenuhi unsur media yang baik dan benar. Hasil pengembangan ini telah mampu menjadikan media Wondershare Quiz Creator sebagai media untuk pelaksanaan evaluasi UASBN.

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Askafi, E., & Ridlodin, A. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tingkat Madrasah Aliyah Di Kabupaten Blitar. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 169–179.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: Potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Hernawati, K. (2009). Membuat Quiz/Evaluasi dengan WonderShare Quiz Creator. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 13.

ISHAK, I. (2019). ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BERBASIS NASIONAL MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI DI KABUPATEN LUWU TIMUR BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR.

Muslimah, S. (2020). Manajemen penilaian hasil belajar menggunakan aplikasi program android di MTsN 1 Kapuas.

Nirsal, N., & Ali, M. (2018). Desain Dan Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada SMA Negeri 6 Palopo. Prosiding, 3(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pratiwi, V. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. 3(1).

Priyanto, D. (2009). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 92–110.

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan media evaluasi pembelajaran dalam bentuk online berbasis e-learning menggunakan software wondershare quiz creator dalam mata pelajaran akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2).




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3310

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.