Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Pendekatan Inquiry Based Learning Kelas V Sdn 17 Batipuah Baruah Tanah Datar

Sekar Pratiwi, Guesa Maiwinda, Jepri Naldi, Rina Asyati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V yang masih rendah dan mengenai guru yang kurang mengkontruksi pemikiran siswa serta kurang melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran  IPS dengan menggunakan Pendekatan  Inquiry Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 17 Batipuah Baruah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 17 Batipuah Baruah, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini mengalami peningkatan hasil RPP siklus I rata – rata 72,5% (C) siklus II rata-rata 86,25 (B), aspek guru siklus I nilai rata-rata 78,13 (B) siklus II nilai rata-rata 85,94 % (B), aspek siswa siklus I nilai rata-rata 78,12% (B) siklus II nilai rata-rata 85,94% (B),penilaian hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata – rata   69,79 % (C) dan pada siklus II dengan nilai rata – rata 84,59% (B). Dapat disimpulkan penggunaan pendekatan Inquiry Based Learning  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


References


REFERENCES

Endayani, H. (2018). Sejarah Dan Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD, 2(2).

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035.

Lasmawan, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Wawasan Pendidikan Dasar, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, Pendidikian Ips Sekolah Dasar, Perspektif Global Dan Problematika Pendidikan Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1).

Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 67–75.

Mundilarto, M. (2013). Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning Untuk Meningkatan Karakter Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 24–29.

Nurjanah, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 105–119.

Nursikin, M. (2016). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. ATTARBIYAH: Journal Of Islamic Culture And Education, 1(2), 303–334.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74–84.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sriyati, S., & Si, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.

Sulistyawatia, N., Budi, E., & Siswoyo, S. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Tegas (Tegangan, Regangan, Dan Modulus Young) Berbasis Android Dengan Pendekatan Inquiry Based Learning Pada Materi Elastisitas Untuk Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8, SNF2019-PE.

Suwena, K. R. (2013). The Administrator’s Production Function Sebagai Sebuah Pendekatan Penilaian Produktivitas Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Dosen Pada Perguruan Tinggi. Media Komunikasi FPIPS, 12(2).

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237.

Umar, M. A. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Dalam Materi Ekologi. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Widyastuti, F. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3259

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.