Penerapan Teknik Discussion Starter Story Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Mancuang Kabupaten Agam

Yulia Septi Wahyuni, Dini Susanti, Revi Dahlianti, Ridania Ekawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan teknik discussion starter story dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Mancuang Kabupaten Agam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik discussion starter story dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada pratindakan motivasi belajar siswa mencapai 48% atau tergolong “kurang tinggi”, karena 48% berada pada rentang 25–48%. Pada siklus I meningkat menjadi 66% atau tergolong “cukup tinggi”, karena 66% berada pada rentang 49–71%. Pada siklus II meningkat menjadi 80% atau tergolong “tinggi”, karena 80% berada pada rentang 72–91%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik discussion starter story dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Mancuang Kabupaten Agam.


References


Ali, M. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Discussion Starter Story Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas Xi Sma Swasta Parulian 2 Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–12.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak Dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif Pada Guru Sma/Smk/Ma Dan Dosen Bahasa Di Lubuk Linggau Dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184.

Pradana, W. (2013). Penerapan Teknik Cerita Permulaan Diskusi (Discussion Starter Story) Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5).

Saragih, J. N. (2020). Efektivitas Teknik Discussion Starter Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Narasi Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jumant, 9(1), 41–52.

Siregar, R. Y. (2019). Efektivitas Teknik Cerita Pemula Diskusi (Discussion Starter Story) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas Xi Smk Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 [Phd Thesis]. Unimed.

Sudjana, N. (2009). Media Pengajaran.

Sudjono, A. (N.D.). A. Jenis Penelitian.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 3(1), 73–82.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Syaiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar Dan Kompetensi.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11–19.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3248

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.