Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi Dengan Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Fikih

Fauza Izza Wahdini, Cintia Rinjani, Supratman Zakir, Nadia Yulia Zasri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fikih siswa yang diajar mengguanakan media video animasi pada Kelas III A, Mengetahui hasil belajar fikih siswa yang diajar menggunakan media power point pada kelas III B, Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fikih antara siswa yang diajar menggunakan media video animasi dan power point pada kelas III. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching-only posttest-only kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 38 orang yang tersebar dalam 2 kelas.Sampel penelitian berjumlah 20 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik matching sampel (Sampel Sepadan). Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Assu’udiyah Muara Bungo. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata - rata hasil belajar fikih peserta didik yang diajar dengan media animasi sebesar 80.50 dan nilai rata-rata peserta yang diajar dengan media power point sebesar 78,40 dimana pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan media animasi berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol yang diajar menggunakan power point juga berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, berdasarkan hasil hipotesis yang diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain ada perbedaan hasil belajar signifikan yang dimiliki siswa antara siswa yang diajar menggunakan video animasi dan power point.


References


Ilmi, D. (2017). Kewibawaan (High Touch) Sebagai Media Pendidikan Karakter. ISLAM TRANSFORMATIF: Journal of Islamic Studies, 1(1), 45–54.

Lusi Oktavia, Akmam, Desnita, Y. D. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Dengan Power Point Berbasis Contextual Teaching And Learning Di SMA. 13(2), 153–163.

Mazrur Amber. (2011). Pembelajaran Fiqih di Madrasah (Mencari Model di Tengah Perbedaan). Jurnal Tarbiyatuna Pendidikan Agama Tslam, 1, 41–60.

Mohammad Rizqillah Masykur. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4, 31–44.

Nofri Hendri, N. (2017). Pemgembangan Multimedia Interaktif Mengunakan Adobe Captivate. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2(2), 121–128.

Supratman Zakir. (2020). Menggagas model pembelajaran dari rumah.

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120

Wahdan Wilsa, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Multimedia Interaktif dengan Buku Teks dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Mangifera Edu, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.42




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3079

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.