Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Materi Masuknya Islam Ke Nusantara Di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam

Nurul Fajri, Ali Akbar, Supratman Zakir

Abstract


Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses yang digunakan untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui kegiatan yang sistematis. Evaluasi pembelajaran berguna untuk menggali informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar dari peserta didik, juga keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi sebuah kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran pada saat sekarang dapat dikombinasikan denganmenggunakan teknologi yang berbasis web, diantaranya yaitu dengan menggunakan aplikasi kohoot. Aplikasi kahootmerupakan sebuah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajahan web atau aplikasi Kahoot. Kombinasi antara evaluasi pembelajaran tatap muka dengan menggunakan aplikasi kahoot saat ini menjadi jalan alternatif yang baik digunakan oleh guru pada saat sekarang ini. Metode penelitian jurnal ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian mengumpulkan data dengan menganalisis tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kahoot seperti jurnal, dan tulisan lain yang mendukung pembahasan ini. Dalam penggunaan kahoot ini, peserta didik dan guru lebih mudah dalam melaksanakan evaluasi, dengan menggunakan alat evaluasi kahoot, peserta didik lebih termotivasi dan lebih mudah mengembangkan aspek kognitif, psikomotor, juga afektif peserta didik dengan tetap dikontrol oleh guru.

References


Cahya Kurnia Dewi. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Matematika Kelas Xi. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15373.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.” Depdiknas.

“Kahoot! - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Kahoot! (November 30, 2021).

M. Ngalim Purwanto. 2006. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. ed. Tjun Surjaman. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Ed.1;Cet.k. Jakarta: Bumi Aksara.

Pedagogik, Jurnal Riset. 2020. “Dwija Cendekia.” 4(1): 114–24.

Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Rusdiana, undefined Elis Ratnawulan & A. 2014. “Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013.” : undefined-undefined. https://www.mendeley.com/catalogue/055b4ce4-f8d8-37ce-ba7b-8ac162ed8142/?utm_source=desktop&utm_medium=1.17.11&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B6b72c2b8-2e74-48c4-9b25-679e411de787%7D (November 30, 2021).

Sari, Reni Ratna. 2018. 1 “PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 (MTsN 1) BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.3040

Article Metrics

Abstract view : 765 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.