Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam
Abstract
Seperti sedia kalanya bahwa berbicara tentang pendidikan itu hampir dipastikan berbicara tentang manusia.Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian kecil ini, maka kita dapat mengetahui eksistensi manusia dalam pendidikan Islam dengan memahami posisi manusia tersebut dalam berbagai faktor-faktor pendidikan (manusia sebagai pendidik, manusia sebagai peserta didik serta pengelolah pendidikan). Serta ada tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi sebagai salah satu aspek urgen dalam pendidikan. Jika menilik secara khusus eksistensi manusia sebagai pendidik, maka dari berbagai pendapat para pemikir pendidikan Islam, dapat diambil benang merahnya bahwa seorang pendidik dalam Islam harus mampu menjadi qudwah hasanah bagi peserta didik dan memiliki akhlak yang patut untuk dijadikan panutan (akhlak Islam yang mulia) serta mampu mengayomi situasi proses belajar mengajar dalam rangka menuangkan ilmu pengetahuan kepada manusia yang disebut peserta didik. Disisi lain, manusia sebagai peserta didik juga dituntut untuk memenuhi kode etik dalam menuntut ilmu. Secara garis besarnya harus memasang niat untuk mendapatkan ridho Allah SWT, memuliakan dan menghargai pendidiknya (guru), mengikuti segala anjuran dan perintahnya selagi tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Nah, sebagai pengelolah proses pendidikanpun juga harus ada kode etik yang harus dipenuhi oleh manusia. karena ini adalah posisi yang sangat penting bagi manusia. manusia jangan sampai terpengaruh oleh epistemology barat dalam menyususn sebuah konsep pendidikan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Qur’an Al-Karim
Al-Hazimi, Kholid bin Hamid. 2000. UshulAt-Tarbiyyah Al-Islamiyyah. Madinah: Daar ‘Alim Al Kutub
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Ar-Rasyidin. 2008. Falsafah Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis
Daud, Wan Mohd Wan. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan
Gunawan, Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan; Suatu Analisa Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
H. M. Asy’ari. 2011. Konsep pendidikan Islam. Jakarta: Rabbani Press
Husaini, Asian Dkk. 2009. Islamic Wordview bahan-bahan kuliah di Program Doktor Pendidikan Islam. Bogor: PPs UIKA Bogor
Khan, Shafique Ali. 2005. Falsafah Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia
Nata, Abuddin. 2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Press
Nawawi, Hadari. 1987. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Roqib, Moh. 2011. Prophetic Education (Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan). Purwokerto: STAIN Press
Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1543
Article Metrics
Abstract view : 3911 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 3312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.