PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK ( THARIQAH INTIQOIYYAH) TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI AKPER AISYIYAH PADANG

fitrialrasi fitri

Sari


Munculnya metode Eklektik ini merupakan kreativitas para pengajar bahasa asing  untuk mengefektifkan proses belajar mengajar bahasa asing. Metode ini juga memberi kebebasan kepada mereka untuk menciptakan variasi metode.Tujuan metode ini jelas sekali, yaitu merupakan pendekatan pembelajaran bahasa arab untuk seluruh materi bahasa yang merupakan sebuah pendekatan yang sangat sempurna serta sesuai bagi orang non arab yang belajar bahasa. Pada dasarnya metode ini bisa menjadi sangat ideal jika didukung oleh penguasaan pengajar yang memadai terhadap berbagai macam metode, sehingga dapat mengambil secara tepat segi-segi kelebihan dari setiap metode dan menyesuaikannya dengan kebutuhan program pembelajaran bahasa Arab yang ditangani dan menerapkannya secara profesional. Penggabungan metode-metode ini dapat ditempuh melalui memperpendek durasi waktu antara latihan manipulatif dan latihan komunikatif, dan memodifikasi bahan ajar seperti menggeser materi gramatika dari model deduktif menjadi induktif, dari pengetahuan menjadi penerapan. Bentuk penggabungan yang lain bisa berupa penambahan porsi latihan yang kongkrit.

 

Kata kunci : Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab


Teks Lengkap:

Hal. 93-102

Referensi


‘Abd al-Qadir Ahmad, Thuruq Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, Mesir : Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1984, cet.III

Abu Bakar Muhammad, Methode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: Mutiara Ilmu, 1999

Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005

Arifin , Zainul, Allughah Tharaiq Ta’liimuha wa Ta’allimuha. Padang: Padang Press. 2008

Harahap Partomuan Harahap, Pembelajaran Keilmuan Bahasa Arab ( Beberapa Pendekatan, Metodologi, dan Teknik Alternatif), Curup : LP2 STAIN Curup, 2011.

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Rosyidi, Abdul Wahab, dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang : UIN Maliki Press, 2012

Ungkapan Direktur AKPER Aisyiyah Padang “Ibu Siti Aisyah Nur”.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.