PENDIDIK SEBAGAI KONSELOR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

surya surya

Sari


Manusia dibekali oleh Allah dengan berbagai potensi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan, dalam mengembangkan potensi tersebut, manusia mempunyai kemampuan yang bervariasi. Oleh karena itu, manusia membutuhkan bantuan orang lain seperti pendidik dalam mengatasi masalahnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hakikat pendidik sebagai konselor dalam perspektif Pendidikan Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan baik berupa buku, jurnal, maupun sumber-sumber lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik sebagai konselor merupakan pekerjaan yang sangat mulia, maka mendidik bobotnya adalah pembentukan sikap mental atau kepribadian peserta didik sehingga memiliki akhlak (karakter) yang terpuji, hal ini yang membedakan pendidikan Islam dengan pendidikan non Islam.

 

Kata Kunci: Pendidik, Konselor, dan Pendidikan Islam

 


Teks Lengkap:

Hal. 85-92

Referensi


Efendi, Gusfar, Nurfarhanah, dan Yusri. 2013. Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2, No. 1: 162 – 166

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offs et.

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hornbay, A.S. 1963. Oxford Advanced Leaners Dictionary of Current English. ttp: Oxford University Press.

Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jaya, Yahya. 2004. Bimbingan dan Konseling Agama Islam. Padang: Angkasa Raya. Cet. ke-10.

Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan. 2007. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nata, Abuddin.2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Poerwadarminta, WJS. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbinan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramayulis dan Nizar, Syamsul. 2010. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan Dalam Persepektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wangid, Muhammad Nur. 2010. Peran Konselor Sekolah dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Edisi khusus: 173 - 186


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.