PENERAPAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK AUTISME DI SLB X KOTA JAMBI
Sari
Pendahuluan: Anak autisme merupakan anak yang megalami hambatan atau kesulitan dalam hal komunikasi dan juga kesulitan dalam berbahasa sehingga anak autisme tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan atau disebut tidak ada konta lingkungan. Gejala autisme antara lain tidak mampu berkomunikasi dengan jelas, susah bersosialisasi, dan susah beradaptasi. Terapi musik merupakan terapi yang dilakukan menggunakan musik yang dilakukan sebagai upaya yang diracang untuk membantu klien dalam berinteraksi sosial, mengembangkan bahasa, dan aktif untuk bermain musik. Metodologi : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus penerapan terapi musik klasik terhadap kemampuan berbahasa pada 2 orang anak dengan autisme dengan pendekatan asuhan keperawatan. Hasil : Intervemsi yang diberikan adalah penerapan terapi musik klasik pada An.G dan An.M selama 7 hari, 1 kali penerapan terapi musik klasik diberikan selama 30 menit pada masing-masing anak. Setelah dilakukan terapi musik klasik selama 7 hari, kemampuan berbahasa pada anak autisme meningkat. diperoleh terjadi peningkatan kemampuan berbahasa pada anak autisme setelah dilakukan penerapan terapi musik klasik. Diskusi : Diharapkan orang tua dan guru dapat memberikan terapi musik klasik untuk anak autisme guna meningkatkan kemampuan berbahasa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananda, Fenni Dwi, Riska Amalya Nasution, and Yuliana Yuliana. 2023. “Pengaruh Terapi Musik Klasik (Mozart) Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autisme Di SLBN Prof.Sri.Soedewi.Masjchun Sofwan,S.H Kota Jambi.” Jurnal Ners 7(2): 1635–40.
Chung, Jeehae, Cheryl Woods-giscombe, Jeehae Chung, and Cheryl Woods-giscombe. 2016. “Issues in Mental Health Nursing Influence of Dosage and Type of Music Therapy in Symptom Management and Rehabilitation for Individuals with Schizophrenia Influence of Dosage and Type of Music Therapy in Symptom Management and Rehabilitation for Individuals.” 2840(May): 0–11.
Dewi, Rosmala, Inayatillah, and Rischa Yullyana. 2019. “Pengalaman Orangtua Dalam Mengasuh Anak Autis Di Kota Banda Aceh.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 3(2): 288–301.
Fernando, Frendi. 2021. “Bimbingan Dan Layanan Terapi Pada Anak Autis.” Jurnal Pendidikan Islam 2.
Kholid, Ittaqi Tafuzi, Elih Elih, Inne Suherna Sasmita, and Ananto Ali Hasyimi. 2023. “Prevalensi Kebiasaan Buruk Bruksisme Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme: Studi Cross Sectional.” Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students 7(2): 119.
Lestari, L T. 2020. “Identifikasi Kemampuan Berbahasa Anak Autis Usia 10 Tahun.” Jurnal Basataka (JBT) 3(2): 99–105.
Lim, Hayoung A., and Ellary Draper. 2011. “The Effects of Music Therapy Incorporated with Applied Behavior Analysis Verbal Behavior Approach for Children with Autism Spectrum Disorders.” Journal of Music Therapy 48(4): 532–50.
Maha, Rahma Nurhidayati, and Rosmawaty Harahap. 2012. “Perkembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autisme.” : 157–64.
Revanya, Josephine. Florisia., Orenda, Clarissa., Roliharni, Silalahi. Lamria. 2023. “Terapi Musik Dan Anak Autisme: Sebuah Tinjauan Literatur.” Indonesian Art Journal 12(1): 26–33. https://journal.isi.ac.id/index.php/ekspresi/article/view/10550.
Siyoto, Sandu. 2015. “Visual Schedule towards the Decline of Behavioral Problems in Feeding Activities and Defecation in Children with Autism.” Jurnal NERS 10(2): 250.
Yuanda, Fina. 2014. “Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autis Ringan Usia Pra Sekolah Di SLB Autis Jalinan Hati Payakumbuh.” Penelitian Keperawatan Anak: 1–66.
Zeidan, Jinan et al. 2022. “Global Prevalence of Autism: A Systematic Review Update.” Autism Research 15(5): 778–90.
DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v7i1.5722
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kunjungan Saat ini
Kunjungan Dari Negara
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.