ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI MASJID

Dwika Sari Utami, Zata Ismah

Sari


Latar belakang: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan kesehatan sehingga dapat terwujudnya derajat kesehatan secara optimal. Permasalahan sanitasi di tempat ibadah adalah air bersih, jamban, sampah, merokok dan jentik nyamuk. Tujuan: Untuk menganalisis perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masjid.  Metod: Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, populasi penelitian berupa masjid yang berada didaerah Kabupaten Simalungun dengan jumlah sampel sebanyak 32 masjid, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil: Penerapan air bersih di lingkungan masjid yaitu seluruh masjid telah menerapkan aspek air bersih. (2) Penggunaan jamban di lingkungan masjid ditemukan sebagian besar atau sebanyak 25 masjid telah menerapkan aspek penggunaan jamban. Sementara sejumlah masjid atau 7 masjid belum menerapkan aspek tersebut. (3) Penerapan membuang sampah pada tempatnya di lingkungan masjid ditemukan hanya sebagian kecil atau sebanyak 8 dari jumlah masjid yang telah menerapkan aspek membuang sampah pada tempatnya. Selebihnya atau sebanyak 24 masjid belum menerapkan aspek tersebut. (4) Penerapan tidak merokok di tempat ibadah di lingkungan masjid ditemukan tidak ada satupun dari 32 masjid yang menerapkan aspek tidak merokok di tempat ibadah. (5) Penerapan aspek memberantas jentik di lingkungan masjid ditemukan hanya 4 masjid yang telah menerapkan, sebagian besar atau 28 masjid belum menerapkan aspek tersebut. Diskusi: Pengurus masjid agar dapat menjaga kebersihan masjid dan lebih intensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan masjid.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ailsa, T. N., Gustina, M., Mulyati, S., Adeko, R., & Jubaidi, J. (2021). Tinjauan Pengetahuan Marbot dan Keadaan Sanitasi Masjid di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).

Anam, K. (2016). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Presfektif Islam. Jurnal Sagacious, 3(1), 67–78

Apriliani, F., Anggraeni, H. E., Resmeiliana, I., & Paramitadevi, Y. V. (2023). Edukasi PHBS dan Budaya 5R Pada Santri Putra di Pondok Pesantren Thoyyibah Al Islami Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 5(1), 89-101.

Astuti, F. D., & Nugraheni, A. P. (2021). Edukasi Stop Merokok di dalam Rumah di Dusun Krandon, Kwaren, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 326-331.

Dasar Pelaksanaan Penyehatan Lingkungan Masjid adalah Kep.Menkes 288/Menkes SK//III/2003 tentang pedoman Penyehatan Saranadan Bangunan Umum.

Depamede SN, Asri N, Julisaniah NI, Suryadi BF, Kisworo D. (2012). Isolation and partial purification of lysozyme from saliva of Bali cattle (Bos sondaicus) using an aqueous mixture of polyethylene glycol (PEG) with sodium sulfate. African Journal of Biotechnology 11(8): 1977-1980

Dinas Kesehatan Kota Medan. (2015). Profil Kesehatan Kota Medan Tahun 2015.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2018). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017

Eltifia, S., & Makniyah, J. Penerapan Pola Hidup Bersih dalam Upaya Penguatan Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTS Al-Arief Jati Giliraja 2021.

Erpiyana, R., Saputra, D. A., & Dila, R. R. (2023). Penyuluhan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat membuang sampah pada tempatnya. JOURNAL OF Public Health Concerns, 3(1), 19-24.

Irfan, A. N., Sunarto, S., Indrawan, M., Himawan, W., Faqiih, M. A. H., Ramadhani, D. D., ... & Karina, R. (2022). Analisis Kebutuhan dan Persepsi Penggunaan Air Bersih untuk Bersuci pada Jamaah Masjid di lingkungan Kampus UNS Kentingan, Surakarta. ENVIRO: Journal of Tropical Environmental Research, 24(2), 11-18.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kurikulum dan Modul Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Bagi Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Politeknik Lingkungan di Indonesia, Kemenkes RI, Jakarta 2013

Mahardika, N. H., Luthviatin, N., & Nafikadini, I. (2017). Tindakan Ibu Rumah Tangga dalam Penerapan Indikator PHBS Tidak Merokok di dalam Rumah (Studi Kualitatif di Wilayah Kerja Puskesmas Pasirian)(The Housewife Behavior in the Implementation Indicators PHBS No Smoking in The House (a Qualitative Study in Pus. Pustaka Kesehatan, 5(3), 572-579.

Mareta, E. E., Sunarko, B., & Suprijandani. (2016). FASILITAS SANITASI PADA WISATA RELIGI SUNAN AMPEL SURABAYA TAHUN 2016. GEMA LINGKUNGAN KESEHATAN, 14(3).

Muslikha, N. R., & Friska, A. (2018, November). Implementasi Sanitasi Masjid di Wilayah Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya Ditinjau dari Aspek Fasilitas Sanitasi. In Prosiding Seminar Nasional GERMAS 2018 (Vol. 1, No. 1).

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kemenkes RI, Jakarta.

Permana, D. (2021). Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dalam Mewujudkan Perilaku Hidup Sehat.

PMK Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Kemenkes RI, Jakarta.

Raharjo, A. S., & Indarjo. S. (2014). Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan ketersediaan fasilitas di sekolah dalam penerapan PHBS membuang sampah pada tempatnya (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati). Unnes Journal of Public Health, 3(1).

Rizaty, M. A. (2020). Mayoritas Sampah Nasional dari Aktivitas Rumah Tangga pada 2020. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, 2025.

Rusdianto, A. S., Purwono, A., Satriyo, R. E., Nayoko, B., Wira, I. P., Nazief, M., ... & Ameliana, D. (2022). Penerapan Program Sanitasi Lingkungan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Desa Baratan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 711- 718.

Yuliani, S., & Scorviana, N. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Di Masa Pandemi Covid-19 Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 112-119




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v6i2.5243

Article Metrics

Sari view : 155 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.