PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN UNTUK MEMILIH DAN MEMANFAATKAN LAYANAN DI RUMAH SAKIT: NARATIVE REVIEW

Iwa Wahyudi Firdaus, Anhari Achadi, Wachyu Sulistiadi

Sari


Pendahuluan:Brand image merupakan cara pandang pelanggan terhadap merek tertentu. Brand image tersebut terbentuk sebagai sebuah persepsi terhadap merek tertentu yang diciptakan berdasarkan informasi dan pengalaman pelanggan terhadap merek itu tersebut. Dengan brand image yang baik, harapannya dapat mempengaruhi keputusan pasien dalam mengambil keputusan untuk memilih dan memanfaatkan layanan di rumah sakit Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode narrative review, yaitu pendekatan pencarian literatur menggunakan online database yang Google Scholar dalam rentang waktu 2020 hingga 2023, dengan kata kunci “Brand Image”, ”Rumah Sakit”, dan “Keputusan Pasien”. Dari total 84 artikel yang ditemukan, dilakukan identifikasi dan evaluasi relevansi jurnal dengan tujuan penelitian adalah untuk menelaah pengaruh brand image rumah sakit terhadap keputusan pasien untuk memilih dan memanfaatkan layanan di rumah sakit. Sehingga dari jumlah tersebut disimpulkan terdapat 8 artikel yang dinilai relevan. Hasil dan Diskusi: Dari delapan artikel yang diperoleh, enam artikel menyatakan bahwa brand image rumah sakit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pasien untuk memilih dan memanfaatkan layanan di rumah sakit dan dua artikel lainnya menyebutkan bahwa brand image rumah sakit tidak memiliki pengaruh yang signifikat terhadap keputusan pasien untuk memilih dan memanfaatkan layanan di rumah sakit. Kesimpulan dan Saran:  Brand image rumah sakit dapat mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih dan memanfaatkan layanan yang ada di rumah sakit karena brand image rumah sakit dapat membentuk persepsi dan membangun keyakinan dalam ingatan pasien. Disarankan bagi rumah sakit untuk menciptakan brand image rumah sakit yang baik untuk dapat meyakinkan pasien dalam mengambil keputusan untuk memilih dan memanfaatkan layanan di rumah sakit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image dan BrandEquity terhadap Pemanfaatan Pelayanan Pada Instalasi Rawat JalanRumah Sakit Islam Faisal dan Rumah Sakit Stella Maris Kota Makassar Tahun 2021.

Chairunnisa, S. F., Darmawansyah, Palutturi, S., Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Pelayanan Rawat Jalan Rsud Haji Makassar. Hasanuddin Journal of Public Health Volume 3 Issue 2 | June 2022 | Hal 179-190

Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador , Brand Image , and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya , Indonesia. SHS Web of Conferences, 01023.

Firmansyah, M. Anang. (2018.) Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fombrun, Charles J. (1996). Reputation: realizing value from the corporate image. USA : HBS PRESS

Harisson, Shirley. (2007.) Manajemen pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Karlita, Arman, Al/wi, M. H. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di RS DR. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health (JMCH) Vol 2 no 2, April-Juni 2021

Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga

MBASkool. (2023). Promotional Strategy - Definition, Importance, Types & Steps. MBA Skool. https://www.mbaskool.com/business-concepts/marketing-and-strategy-terms/12823-promotional-strategy.html

Munaryo. (2008). Analisis Pengaruh Per- sepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap Terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Kab. Brebes Tahun 2008. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Kosentrasi Administrasi Rumah Sakit Universitas Diponegoro Semarang

Nurliyah, Rahmadani, S., Rosmanely, S. (2022) Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan KesehatanUnit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 4 No. 2, Desember 2022

Permana R, Yusmawati. Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya Sebagai Identitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. 2022;8(1):96-103

Rahmasari, A., Wijayanto, G., Kornita, S. E. (2022). Pengaruh Service Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Persalinan Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Zainab Pekanbaru Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 3(5) 2022 : 3165-3183

Ratnaningtyas, T. O, Listiana, I., Puji, R. L. K., Afifah, N. H. (2023) Analisis Persepsi tentang Komunikasi Pemasaran dan Brand Image dengan Keputusan Pemanfaatan Kembali pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol 07 No 02 September 2023

Setiyowati, Y. D, Syahrir A. P, Irwandy. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Jalan Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di Rs Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas, Makassar

Windarti, S. (2022) Hubungan Brand Image dengan Keputusan Penggunaan Layanan Di Instalasi Rawat Jalan RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar. Jurnal INFOKES Volume 6 Nomor 2 Desember 2022




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v6i2.4977

Article Metrics

Sari view : 127 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.