PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA KESEHATAN DALAM PEMBELAJARAN INTERPROFFESIONAL EDUCATION (IPE)

Khalidatul Khair Anwar, Hesti Wulandari, Yustiari Yustiari, Syahrianti Syahrianti, Hasmia Naningsih

Sari


Pendahuluan: Interprofessional Education (IPE) berpotensi menjadi media kolaborasi antarprofesional kesehatan dengan menanamkan pengetahuan dan keterampilan dasar antarprofesi dalam masa pendidikan untuk menghadapi interprofesional collaboration (IPC). Implementasi IPE membutuhkan kesiapan mahasiswa untuk menjalankan hal tersebut. Pemberian informasi atau sosialisasi terkait IPE menjadi penting untuk memberi kesiapan kepada mahasiswa. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sosialisasi terhadap kesiapan mahasiswa kesehatan dalam pembelajaran IPE. Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain one group pre and posttest. Sampel penelitian adalah 84 orang mahasiswa dari 4 jurusan (Keperawatan, Kebidanan, Gizi, dan Teknologi Laboratorium Medis) Poltekkes Kemenkes Kendari dengan masing-masing 21 orang setiap jurusan. Sampel diberikan sosialisasi dengan menggunakan modul dan dilakukan pengukuran kesiapan menggunakan kuesionel RIPLS. Hasil: uji Wilcoxon menunjukkan nilai p (0,001) < 0,05 yang berarti ada pengaruh pemberian sosialisasi terhadap kesiapan mahasiswa kesehatan dalam pembelajaran IPE. Kesimpulan dan saran: Kesiapan mahasiswa mengalami perubahan atau peningkatan setelah diberikan sosialisasi. Disarankan sosialisasi IPE dapat dijadikan sebagai agenda rutin pada mahasiswa baru agar mahasiswa kesehatan siap dalam IPC.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Eisa, E. et al. (2016) ‘The perceptions and readiness toward interprofessional education among female undergraduate health-care students at King Saud University’, Journal of Physical Therapy Science, 28(4), pp. 1142–1146. Available at: https://doi.org/10.1589/jpts.28.1142.

Anwar, K.K. and Wulandari, H. (2020) Interproffesional Education. Kendari: Poltekkes Kemenkes Kendari.

Barr, H. (2017) ‘Interprofessional Education- Today, Yesterday and Tomorrow’, CAIPE Publications [Preprint]. Available at: https://www.caipe.org/resources/publications/caipe-publications/caipe-2002-interprofessional-education-today-yesterday-tomorrow-barr-h.

BPPSDMK Kemenkes (2019) Module Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dosen dalam Pembelajaran Interprofessional Education (IPE).

Damayanti, R.A. and Bachtiar, A. (2020) ‘Kesiapan Mahasiswa Kesehatan terhadap Penerapan Pendidikan Interprofesional di Indonesia’, Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), pp. 16–28.

Dewi, E. et al. (2019) ‘Undergraduate students’ perceptions and readiness: An evaluation of inter-professional education at central Java, Indonesia’, International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), pp. 193–204. Available at: https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.11.

Dewi, S.P., Sayusman, C. and Wahyudi, K. (2016) ‘Persepsi Mahasiswa Profesi Kesehatan Universitas Padjadjaran terhadap Interprofessionalism Education’, Jurnal Sistem Kesehatan, 1(4).

Febriana, B. (2019) ‘Kesiapan Dan Persepsi Mahasiswa Keperawatan Pada Program Ipe : Studi Pada Sgd Dengan Lbm Jiwa’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), p. 101. Available at: https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.101-106.

Hapsara, S. and Fuadah, D.Z. (2014) ‘Kesiapan Mahasiswa untuk Belajar Kerjasama Interprofesi dalam Perawatan Antenatal’. [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada.

Kesuma, D. (2015) ‘Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap Interprofessional Education’. Available at: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25511.

Mobalen, O., Faidiban, R.H. and Parlaungan, J. (2021) ‘Interprofessional Education (IPE) dalam Meningkatkan Persepsi dan Kesiapan Kolaborasi Mahasiswa’, Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(3), pp. 495–500.

Prilianda, D.A.D. and Dewi, E. (2022) ‘Health Students’ Readiness For Online Interprofessional Learning In The Pandemic Covid-19’. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rasmita, D. (2018) ‘Gambaran Persepsi san Kesiapan Mahasiswa Terhadap Implementasi IPE (Interprofessional Education) di Stikes Surya Global Yogyakarta’, Jurnal Keperawatan Priority, 1(2).

Reeves, S. et al. (2013) ‘Interprofessional Education: Effects on Professional Practice and Healthcare Outcomes’, Cochrane Database of systematic reviews [Preprint], (3).

Riduan, F., Tjomiadi, C.E.F. and Hermino, A. (2020) ‘Gambaran Kesiapan Mahasiswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Dengan Pendekatan Interprofesional Education (Ipe) Dan Interprofessional Collaboration (Ipc) Di Universitas Sari Mulia Banjarmasin’, in Proceeding of Sari Mulia University Nursing National Seminars, pp. 80–88.

Silalahi, V. (2017) ‘Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Kesiapan Stikes Aisyiyah Yogyakarta terhadap Pelaksanaan Interprofessional Education (IPE)’, Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(2), pp. 85–92. Available at: https://stikvinc.ac.id/jurnal/index.php/jpk/article/view/100.

Sytsma, T. T., Haller, E. P., Youdas, J. W., Krause, D. A., Hellyer, N. J., Pawlina, W., & Lachman, N. (2015) ‘Long-term effect of a short interprofessional education interaction between medical and physical therapy students’, Anatomical Sciences Education, 8(4).

WHO (2010) Framework for Action on Interprofessional Education & Collaborative Practice. Health Professions Networks Nursing & Midwifery Human Resources for Health.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v6i1.4693

Article Metrics

Sari view : 203 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.