HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP KELENGKAPAN FASILITAS RUANGAN DI RUMAH SAKIT
Sari
Pendahuluan: Kelengkapan fasilitas di ruangan rawat inap rumah sakit Muhammad Natsir Solok masih ada ditemukan beberapa fasilitas yang tidak terawat dengan baik, jika hal tersebut tidak segera di atasi maka kepuasan pasien terhadap rumah sakit bisa menurun. Tujuan: Tujuan Penelitian ini adalah hubungan kepuasan pasien rawat inap terhadap kelengkapan fasilitas ruangan di Rumah Sakit M. Natsir Solok Tahun 2022. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang berada di ruangan rawat inap mengunakan metode Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden terdapat 13 responden (43,3%) yang menyatakan bahwa fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit sudah memadai dan sebagian besar responden yaitu 17 responden (56,7%) sisanya menyatakan bahwa fasilitas yang diberikan oleh pihak rumah sakit kurang lengkap yang mana hal tersebut berhubungan terhadap kepuasan pasien di ruangan rawat inap, yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas berhubungan terhadap kepuasan pasien di ruangan rawat inap. Kepuasan pasien di ruangan rawat inap Rumah Sakit Muhammad Natsir Solok dikatakan masih baik karena dari 30 responden terdapat 15 responden (50%) yang puas dengan pelayanan yang diberikan. Diskusi: Kelengkapan fasilitas di ruangan rawat inap dikatakan belum memenuhi kebutuhan pasien karena dari 30 responden terdapat lebih dari sebagian yaitu 17 responden (56,7%) menyatakan bahwa fasilitas tidak lengkap.Terdapat hubungan antara kepuasan pasien dan kelengkapan fasilitas karena hasil p value kecil dari 0,05% yaitu 0,027%. Rumah sakit perlu menambahkan fasilitas berupa tempat duduk di ruangan rawat inap, mengendalikan vektor atau serangga pengganggu. Melakukan perbaikan terhadap fasilitas yang rusak atau perlu di ganti dan pembersihan rutin terhadap kamar mandi karena masih ada beberapa ruangan yang kamar mandinya kotor.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(1), 51–57.
Carolina, F. A. (2017). Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Dalam Perspektif Technologi Acceptance Model. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dezolla, D. (2017). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan, word of mouth, dan minat berkunjung kembali di poliklinik spesialis ambun pagi rsup dr. m. djamil padang.
dr.dr.arry pongtiku, MHM dr.robbykayame , skm, M. (2016). pengumpulan data.
dr.sandu siyoto, skm., m.kes m.ali sodiq, M. . (2015). metodologi penelitian.
Engel. (2014). data primir. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 9–11.
Ernawati, N., & Prihandono, D. (2017). Pengaruh Customer Experience Dan Brand Image Pada Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas. Management Analysis Journal, 6(1), 221–241. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-32591-0_16
Guthrie, J. P. (2014). fasiltas. Can. J. Chem, 55, 3562–3574.
Hamdi, M. (2019). Metode Penelitian. Universitas Terbuka, 1–66.
Harfika, J., dan, & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.
Indrayani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam (Rsi) Siti Rahmah. Menara Ekonomi, 4(2), 96–103.
Irdiana, S. (2019). Kepuasan Pasien Rawat Inap Ditinjau dari Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas di Lumajang. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 9(1), 30–42. https://doi.org/10.30741/wiga.v9i1.411
Luis, F., & Moncayo, G. (2018). metode penelitian.
Mayssara A. Abo Hassanin, A. (2018). Bab II Kajian Pustaka Dan Kerangka Pemikiran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2017, 9–29.
Muzakki, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada UPTD Puskesmas. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian 2020, 122–134.
Niranjan Banik, Adam Koesoemadinata, Charles Wagner, Charles Inyang, H. B. (2013). No Title Стационарная медицинская помощь (основы организации). https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
Rosita, R., & Soepardi, J. (2011). Pusat Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2010. In Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak. http://www.depkes.go.id
Safrida, M. D. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh. Program Studi S1 Farmasi Fakultas Farmasi Dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan, 8. http://repository.helvetia.ac.id/2748/
Tahun2009, U. R. N. 44. (2014). Undang-undang RI No. 44 tahun2009. Tentang Keperawatan, 10, 2–4.
Yusuf, S., & Novitasari, M. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Di Paviliun Kartika RSPAD Jakarta.” Jurnal Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, hal. 1-18.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Pongtiku, Arry et al. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Saja. Jayapura: Nulisbuku.com.
Radjab, Enny dan Andi Jam’an (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i2.4160
Article Metrics
Sari view : 481 timesPDF - 177 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kunjungan Saat ini
Kunjungan Dari Negara
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.