GAMBARAN FUNGSI MANAJEMEN KEPALA RUANGAN DI RUANG RAWAT INAP

Vauzyatari Tilawa Suci, Elsi Susanti, Sylvi Nezi Azwita

Sari


Belakang: Manajemen berfungsi untuk memberikan arahan, koordinasi, dan pengendalian yang baik berdasarkan rencana yang sebelumnya telah ditetapkan, fungsi manajemen secara umum ada empat yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengawasan, dan fungsi pengarahan. Empat fungsiini sangat dibutuhkan untuk menetukan apakah fungsi manajemen kepala ruangan terlaksakan atau belum. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran fungsi manajemen kepala ruang di ruang awat inap RSUD Prof. Dr. MA. Hanfiah SM Batusangkar. Metodologi: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel random sempling.Populasi dalam penelitian ini 147 perawat rawat inap dan sampel 45 responden. Hasil: fungsi manajemen kepala ruangan, fungsi perencanaan diperoleh gambaran bahwa dari 45 responden 24 orang (53,3%) menyatakan kurang baik dan 21 orang (46,7%) menyatakan baik, fungsi pengorganisasian kepala ruang diperoleh gambaran bahwa 13 orang (28,9%) menyatakan kurang baik dan 32 orang (71,1%) menyatakan baik, fungsi pengarahan kepala ruangan diperoleh gambaran bahwa 21 orang (46,7%) menyatakan kurang baik dan 24 orang (53,3%) menyatakan baik, fungsi pengawasan kepala ruangan diperoleh gambaran bahwa 32 orang (71,1%) menyatakan kurang baik dan 13 orang (28,9%) menyatakan baik. Diskusi: bahwa fungsi manajemen kepala ruangan di ruang rawat inap masih belum berjalan dengan baik seperti fungsi perencanaan dan pengawasan, untuk fungsi pengorganisasian dan fungsi pengarahan sudah berjalan dengan baik.Saran untuk kepala ruangan agar meningkatkan fungsi manajemen perencanaan dan pengawasan serta mempertahankan fungsi pengorganisasian dan fungsi pengarahan supaya tujuan organisasai nya dapat tercapai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajat, Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Anggeria, Elis. (2018). Hubungan Supervisi Dengan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Lantai 10 Rumah Sakit Umum Royal Pria Medan. Medan: jurnal ilmiah penelitian kesehatan. Vol 3 No 2.

Anwar, Saifudin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fithriyani. (2017). Analisis hubungan fungsi manajerial kepala ruangan dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Pariaman. Jambi: SI Kperawatan STIKBA Jambi.

Gibson, James. (2013). Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses. Terj. Djoerban Wahid. Jakarta : Erlangga.

Gillies, DA. (2012). Manajemen keperawatan suatu pendekatan sistem. Edisi Revisi.

Ida, Ayu (2017). Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Right Issue Pada Perusahaan Go Public Yang Tercatat Di BEI. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 18, No.2, Hal. 1343-1368.

Jakri, Yohanes. (2019). Hubungan fungsi manajemen kepala ruang dengan kinerja perawat dalam melaqksanakan asuhan keperawatan di ruang rawat inap Puskesmas Waelengga Kabupaten Manggarai Timur. Manggawai Timur: Prodi Sarjana Keperawatan FIKP.

Kumajas, dkk. (2013). Hubungan fungsi manajemen kepala ruangan dengan kinerja perawat di Badan Layanan Umum Rumah Sakit. Fakultas Kedokteran. Universitas Hasanuddin Manado.

Lestari, Dwi. (2017). Hubungan motivasi kepala ruang dengan kinerja perawat di ruang dewasa RSUD Kota Yogyakarta. Naskah publikasi. Universitas Aisyiah Yogyakarta.

Manurung, S. (2011). Buku ajar keperawatan maternitas asuham keperawatan intranatal. Jakarta : Trans Info Media.

Mugianti, Sri. (2016). Manajemen dan kepeimimpinan dalam praktek keperawatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Muslihin, Kiki. (2011). Deteriorasi Benih. Universitas Winayamukti: Bandung.

Notoatmodjo . (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Pratiwi, Ana, dkk. (2015). Kepemimpinan mutu kepala ruangan di ruamh sakit denganimplementasi sistem manajemen mutu pelayanan keperawatan. Jurnal The Sun. Vol 2 No 3. Profesional. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Puspitasari, Dwi Ida. (2017). Pengaruh fungsi manajerial kepala ruang terhada kinerja individu perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong. Tesis. Kalimantan Timur: Universitas hasanuddin.

Permenkes RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 Tantang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien. Jakarta: Depkes RI.

R.Terry, George, (2021). Dasar-dasar manajemen edisi revisi. Indonesia: Bumi aksara.

Rizal, AFF. (2015). Hubungan pelaksanaan fungsi manajerial kepala ruangan dengan motivasi perawat pelaksana dalam memberikan layanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Semarang. Laporan Penelitian. Semarang: Undip.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. (2013). Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education

Siswanto, H.B. (2014). Pengantar manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Banduang: PT Alfabet.

Sugiyono (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Supartiningaih. (2017). Kualitas Pelayanan Pasien Ruamah Sakit. Jurnal Mecoetocolegal Dan Manajemen Rumah Sakit. Vol 6 No 2.

Swansburg, R. C. (2000). Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC

Zulkarnain. (2017). Analisis pelaksanaan fungsi manajemen pengarahan kepala ruangan dengan kinerja perawat dalam menerapkan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) Vol. 1 No. 2




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i2.3843

Article Metrics

Sari view : 554 times
PDF - 508 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.