GAMBARAN FAKTOR PENGETAHUAN PASIEN DALAM PELAYANAN BPJS

Adilla Tullah, Yuliza Anggraini, Hendry Wibowo

Sari


Latar Belakang: Pengetahuan merupakan sebuah hasil tahu yang diperoleh setelah melakukan interaksi terhadap suatu objek. Faktor yang berkaitan dengan pengetahuan yaitu umur, tingkat pendidikan, pekerjaan dan sumber informasi. Adanya pasien yang belum memahami bagaimana prosedur dalam pelayanan  BPJS. Tujuan: untuk mengetahui bagaimana distribusi frekuensi faktor yang berkaitan dengan pengetahuan pasien dalam pelayanan BPJS. Metodologi: Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Madina Bukittinggi dengan menggunakan metode Penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil: penelitian menunjukan bahwa lebih dari sebahagian responden dengan pengetahuan rendah yaitu sebesar (51,3%) dengan umur 21-30 dan 41-50 tahun (25%) dengan tingkat pendidikan tinggi (55,3%) serta responden dengan kategori tidak bekerja (36,8%) dan media cetak merupakan kategori sumber informasi yang paling banyak diperoleh oleh responden sebesar (46,1%). Diskusi: Dari penelitian ini adalah masih rendahnya pengetahuan pasien dalam pelayanan BPJS, saran diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk memberikan informasi kepada anggota BPJS dengan lebih maksimal, baik secara langsung, media cetak maupun media elektronik.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, F. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan dengan kepuasan pemberian. 1–12.

Apriani, L., & Rumana, N. A. (2019). Karakteristik dan Pengetahuan Pasien tentang BPJS Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 2(3), 191–197. https://doi.org/10.22435/jpppk.v2i3.851

Austrianti, rifka; Andayani, R. putri. (2019). Jurnal Abdimas Saintika. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 1–8. Retrieved fromfile:///C:/Users/ACER/Desktop/JURNAL HIPERTENSI/jurnal revisi 1.pdf

Hasan, N. (2019). Implementasi Pelayanan Kesehatan Kepada Penerima Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(4), 352–358. Retrieved from https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/2013

Kurniawan, D. (2018). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Tamalanrea Jaya Kota Makassar. Kesehatan Masyarakat, 83.

Maulana. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Penggunaan Obat Generik pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Panyang Kabupaten Nangan Raya Tahun 2025. 151(2), 10–17.

Purba, E. (2017). Gambaran Pengetahuan Peserta Bpjs Terhadap Alur Pelayanan Rawat Jalan Di Rsu. Imelda Pekerja Indonesia (Ipi) Medan Periode November-Januari Tahun 2017. Jurnal.Uimedan.Ac.Id, 9(1), 219–228. Retrievedfromhttp://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI/article/view/33

Rohmawati, I. (2018). Hubungan Pengetahuan Keluarga Tentang Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Dengan Perilaku Keluarga Dalam Mengikuti Program Bpjs. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), 147. https://doi.org/10.32831/jik.v6i2.171




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i2.3834

Article Metrics

Sari view : 133 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.