GAMBARAN KINERJA KARYAWAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI RUMAH SAKIT

Elsi Susanti, Sylvi Nezi Azwita, Azizah Reza Safitri

Sari


Pendahuluan: Ditemukannya karyawan yang kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya, ditemukan karyawan yang datang tidak tepat waktu dan ditemukannya karyawan yang masih melanggar peraturan kantor. Sedangkan pada lingkungan kerjanya, ditemukan kondisi bangunan yang sempit. Terdapat beberapa ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang kurang baik dan masih ditemukannya hubungan yang kurang baik antar karyawan ataupun atasan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya gambaran kinerja karyawan administrasi perkantoran di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang pada tahun 2022. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian yaitu seluruh populasi yaitu sebannyak 22 orang karyawan administrasi perkantoran. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data univariat. Hasil penelitian ini, memperoleh hasil bahwa kinerja karyawan berdasarkan kedisiplinan kerjanya diperoleh gambaran bahwa dari 22 responden terdapat 12 orang (54,5%) dikategorikan baik sedangkan 10 orang ( 45,5%) menjawab kinerja karyawan berdasarkan disiplin kerjanya dikategorikan kurang baik. Sedangkan kinerja karyawan berdasarkan lingkungan kerjanya diperoleh gambaran bahwa dari 22 responden terdapat 8 orang (36,4%) dikategorikan baik sedangkan 14 orang ( 63,6%) menjawab kinerja karyawan dari lingkungan kerjanya dikategorikan kurang baik. Kesimpulan dan saran: Disimpulkan bahwa gambaran kinerja karyawan administrasi perkantoran di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang Panjang, lebih dari 50% karyawan memiliki kedisiplinan kerja yang baik dengan persentase 54,5 %. Sedangkan lingkungan kerjanya kurang dari 50% karyawan merasa lingkungan kerjanya kurang baik dengan persentase 63,6 %. Dan saran peneliti untuk rumah sakit terhadap lingkungan kerja karyawan administrasi perkantoran perlu adanya perbaikan terhadap sirkulasi udara yang berada di ruangan tempat karyawan bekerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajat, Rukajat.(2018).” Pendekatan Penelitian Kuantitatif”. Yogyakarta: DEEPLISH.

Donra, Ronal Siloho dan Hotlin Siregar.(2019), “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Super Setia Sagita Medan,” Jurnal Ilmiah Socio Secretum, Vol. 9 No. 2 ISSN: 273-281,

https://jurnal.darmaagung.ac.id/,

Hakim, Rahmmat Budi. (2014). “ Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan”, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Indra, sri wahyuni (2020).”Analisis Disiplin Kerja Kinerja Karyawan pada PT. Kharisma Dayung Utara Pekanbaru”. Administrasi Bisnis, Manajemen dan Ekonomi . Vol. 6 No. 1, ISSN: 2502-1419

Kasmir .(2016). “Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik)”.Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Margaret, Fitria (2017). Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Islam At-Taqwa Gumawang, Kolegial, Vol. 3 No. 1 : 96, Diakses 21 Agustus 2018, ISSN: 2088-5644.

Nurhikmayanti, Desi.(2014).Manajemen Perkantoran Modern.Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Ovia, Tetiana Rahayu. (2019).”Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Tahun 2019”.Skripsi. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah , Jakarta.

Rahmayanti, Eka.(2020). “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Grand Dian Hotel Brebes”. Skripsi. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasakti, Tegal

Ratna, Advian Furi dan Rokiah Kusumadipradja (2018).” Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Rumah Sakit ( Studi Kasus Pada RS. Kartika Husada Tambun)”. Jurnal Hospitalia . Vol. 1 No. 1.

Rosminah (2019).”Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor kecamatan bajeng kabupaten gowa”. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutrisno, E.(2016). “Manajemen Sumber Daya Manusia”.Edisi Pertama. Bandung: Prenada Media Group.

Word Healt Organization ( 2020), Tentang Rumah Sakit.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i1.3540

Article Metrics

Sari view : 253 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.