HUBUNGAN PEMBERIAN LAYANAN ANC DAN KIE OLEH BIDAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL

Ni Kadek Neza Dwiyanti, Ni Wayan Sri Rahayuni

Sari


Pendahuluan :. Pelayanan kesehatan bukan hanya pengobatan secara medis melainkan juga berorientasi pada pemberian informasi. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan seorang bidan di Puskesmas II Denpasar Selatan di dapatkan bahwa bidan selalu memberikan pelayanan dan KIE terhadap ibu hamil yang datang ke Puskesmas. Sedangkan dari hasil wawancara peneliti dengan 3 ibu hamil yang datang ke Puskesmas II Denpasar Selatan, mengatakan pelayanan diberikan oleh bidan namun untuk konseling dan informasi tidak pernah didapatkan secara detail dan hanya di informasikan sekedar saja oleh bidan di Puskesmas. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan pemberian layanan ANC dan KIE oleh bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil. Metodologi : Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan design cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer, instrument penelitian menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan program komputer SPSS 16. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang datang ke Puskesmas II Denpasar Selatan, Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang ibu hamil yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil : Hasil uji statistik layanan ANC oleh bidan dengan tingkat kepuasan diperoleh nilai p = 0,042 (p < 0,05). Sedangkan hasil uji statistik pemberian KIE oleh bidan dengan tingkat kepuasan diperoleh nilai p = 0,032 (p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan yang signifikan antara layanan ANC dan KIE oleh bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryaneta, Y. and Mariyana (2017) ‘Hubungan Komunikasi Bidan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kebidanan Antenatal Care (Anc) Di Bidan Praktekmandiri Wilayah Kerja Puskesmas Botania Kota Batam’, Jurnal Ilmiah Zona Kedokteran, 7(3), pp. 57–61.

Corneles, S. and Losu, F. (2015) ‘Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kehamilan Risiko Tinggi’, Jurnal Ilmiah Bidan, 3(2), pp. 51–55.

Depkes RI, 2010 (2011) Pusat Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2010, Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak. Available at: http://www.depkes.go.id.

Dinkes Kota Denpasar (2018) ‘Bali, Profil Kesehatan Bali, 2018’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Dinkes Provinsi Bali (2018) ‘Dinas Kesehatan Provinsi Bali 2018’, profil Kesehatan Provinsi Bali. Available at: https://www.diskes.baliprov.go.id/profil-kesehatan-provinsi-bali/.

Fitriyani, I. (2019) Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal care Di Puskesmas, Journal of Chemical Information and Modeling.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i1.3503

Article Metrics

Sari view : 162 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.