HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU DALAM MEMBERIKAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA BALITA USIA 1-3 TAHUN

Betristasia Puspitasari, Erma Herdyana

Sari


Pendahuluan: Stimulasi merupakan salah upaya untuk mencerdaskan anak. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan ibu dapat menyebabkan penyimpangan perkembangan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun. Metodologi : Metodologi penelitian desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun di RW 02 Desa Sidomulyo Kec. Semen Kab. Kediri sebanyak 32 orang. Teknik sampling dengan total sampling. Variabel independennya adalah pengetahuan ibu tentang stimulasi tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun dan variabel dependen adalah Sikap ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data editing, coding, scoring dan tabulating. Analisa data menggunakan chi kuadrat. Hasil : Hasil penelitian dari uji analis Chi Kuadrat didapatkan nilai x^2 hitung = 7,649 dan x^2 tabel = 5,991 dengan taraf signifikan 5 %. Jadi x^2 hitung > x^2 tabel. Ho ditolak dan H1 di terima, artinya ada hubungan. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan sikap ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun. Petugas kesehatan seharusnya lebih meningkatkan pengetahuan ibu agar lebih baik. Apabila pengetahuan baik, sikap ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang juga akan meningkat sehingga tumbuh kembang balita berjalan secara optimal.

Kata kunci : Pengetahuan, sikap, ibu, stimulasi tumbuh kembang, balita usia 1-3 tahun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

IDAI. (2012). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Sagung Seto. Jakarta

Maryunani A. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: TIM.

Mubarak, W. I. 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta

Sulistyawati, A. 2014.Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika

Soetjiningsih, & Ranuh. 2014. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC.

Wawan, A. & M, Dewi.2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Aritonang TR. Hubungan Pengetahuan Orang Tua tentang Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Pra Sekolah di TK Nusa Indah Bekasi 2012. Bekasin: STIKES Medistra Indonesia Bekasi; 2012.

Arya Ramadia, dkk.2021. Pengetahuan Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Berhubungan Dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Todler. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia Volume 9 No 1 Hal 1 - 10, Februari 2021, e-ISSN 2655-8106, p-ISSN2338-2090)




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i1.3472

Article Metrics

Sari view : 219 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.