HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN KEJADIAN PELECEHAN SEKSUAL

Mega Ade Nugrahmi, Kartika Mariyona, Pagdya Haninda Nusantri Rusdi

Sari


Pelecehan seksual dapat terjadi disekolah swasta maupun negri. Pelecehan seksual pada remaja dari hasil wawancara dengan KPAI dan P2PTPA kota Bukitinggi menyebutkan, korban pelecehan paling banyak ditemui pada remaja dan anak usia sekolah dibandingkan dengan orang dewasa. Buktinggi sendiri merupakan kota wisata yang selalu di datangi oleh wisatawan, sehingga beragam budaya yang datang pun tidak dapat dihindari. Salah satu faktor terjadinya pelecehan  seksual itu pergaulan yang kurang dikontrol oleh orang tua, selain itu kemiskinan, tidak adanya pendidikan seksual yang diadapat oleh remaja dan pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan antara pengetahuan dengan pelecehan seksual di kota bukittinggi. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan design cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri usia 13 tahun di Kota Bukittinggi.Sampel penelitian sebanyak 40 siswi dengan tekhnik pengampilan sampel total sampling. Lokasi Penelitian dilakukan di SMP 5 Bukittinggi. Data yang digunakan adalah data primer, instrument penelitian menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakanuji chi-square dengan program komputer SPSS 16. Hasil uji statistik untuk pengetahuan dengan kejadian pelecehan seksual diperoleh nilai p=0,798 >0,05. Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kejadian pelecehan seksual pada remaja.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anthony,L. (2015). Preventing and Protecting: Send Sexual Violence to Children with Evidence.

Erlinda, (2016). Kekerasan Seksual Terhadap Anak : Dampak dan Penangananya diterbitkan oleh Kementrian Sosial RI

Gaskil. Perry. (2012). Kekerasan Terhadap Anak Dan Remaja “Informasi Kajian Permasalahan Social Dan Usaha Kesejahteraan Social. I, vol. 13 no.1 februari 2012.

Hartono, lukman Hakim. (2015). Kekerasan seksual terhadap anak :dampak dan penanganannya . Jurnal sosio informa. 1(1). 13 – 28

Haylie. Whealin. (2013). Understending child abuse and neglect. Boston:allyn& bacon.

Houle JN, Staff J, Mortimer JT, Uggen C, Blackstone A. The impact of sexual harassment on depressive symptoms during the early occupational career. SocMent Health. 2011;1(2):89–105.

Jawkes. (2002). IASC. PanduanPencegahanKekerasanBerbasis Gender, Masa Keadaan Kedaruratan Manusia :Berfokus Pada Pencegahan Dan Penenagnan Kekerasan Seksual Dalam Masa Darurat. Jakarta: IASC

KemenKes RI. ProfilKesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.2015

Rahma M. Hubungan antara Pengetahuan Seksualitas dengan Perilaku Seksual Remaja di SMA Negeri 1 Subang. J Bidan.2018;4(1).

Yelza N. Hubungan Pengetahuan Tentang Seksualitas Dengan Sikap Remaja Putri Dalam Pelecehan Seksual Di SMA Negeri 1 BatangAnaiTahun 2016. UniversitasAndalas;2016.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i2.3166

Article Metrics

Sari view : 711 times
PDF - 524 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.