GAMBARAN PELAKSANAAN PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH M. NATSIR SOLOK

Nurul Fuada, Elsi Susanti, Sisca Oktarini

Sari


Dari observasi awal yang telah dilakukan, keluhan yang terjadi di RSUD M. Natsir Solok seperti kedatangan dokter yang lambat, proses administrasi lama dan petugas tidak sopan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab keluhan, sarana penyampaian keluhan dan prosedur penanganan keluhan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai 3 orang informan kunci untuk mendapatkan hasil penelitian. Analisa data kualitatif dilakukan dengan membandingkan kenyataan yang terjadi di lapangan dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluhan pelanggan yang terjadi di RSUD M. Natsir Solok seperti petugas yang kurang sopan, antrian yang lama, ukuran ruang pendaftaran yang kecil dan AC yang tidak berfungsi. Untuk menyampaikan keluhan, pelanggan dapat menyampaikan keluhan secara lisan, dan secara tulisan. Prosedur pelaksanaan penanganan keluhan pelanggan yang dilakukan di RSUD M. Natsir Solok yaitu petugas mendengarkan keluhan, mencatat keluhan, Kasubag Umum melakukan telaah awal, keluhan didistribusikan ke unit terkait, unit terkait menyampaikan tanggapan ke Kasubag Umum untuk dilakukan telaah akhir oleh Kabag Tata Usaha, hasil penanganan keluhan disampaikan kembali oleh Kasubag Umum ke unit pengaduan untuk disampaikan ke pelapor. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu keluhan dapat disebabkan karena pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang kurang memuaskan. Keluhan pelanggan dapat disampaikan secara lisan dan tulisan. Prosedur penanganan keluhan pelanggan di RSUD M. Natsir Solok sudah sesuai dengan kebijakan dan teori yang ada.

Kata Kunci: Keluhan, Pelanggan, Rumah Sakit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariadi, Herman (2019). “Komplain Pasien di Pelayanan Rumah Sakit”. Banjarmasin: Caring Nursing Journal, Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Vol. 3 No. 1. April 2019.

Ayuna, Ratika (2017). Pelaksanaan Penanganan Keluhan Pelanggan di Pelayanan Informasi Rumah Sakit Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2017. KTI, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Bukittinggi. Tidak Dipublikasikan.

Kholilah, Anni (2019). Pelaksanaan Manajemen Keluhan Pasien dalam Program Patient Safety di Rumah Sakit USU Tahun 2019. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Mairizka, Rezky (2016). Customer Service dalam Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. KTI, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Bukittinggi. Tidak Dipublikasikan.

Marliana, Lina (2017). “Analisis Manajemen Layanan Keluhan Pasien Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan Di RSUD. Am. Parikesit Tenggarong”. Jurnal Administrative Reform, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Vol 5, No 2, Juni 2017.

Millani, R Nona., Rima Semiarty, dan Rizanda Machmud. (2019). “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien dalam Penanganan Keluhan (Service Recovery) Rawat Inap di RSUD Rasidin Kota Padang”. Padang: Jurnal Kesehatan Andalas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Vol. 8(3): 559-606.

Muhadi (2016). “Studi Penanganan Komplain Pasien di Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD DR. Soetomo”. Surabaya: Jurnal Manajemen Kesehatan, Fakultas Kesehatan ATIKES Yayasan RS Dr. Soetomo. Vol. 2, No. 1.

Musu, Krisantus Lou et al. (2020). “Analisis Sistem Penanganan Komplain di Rumah Sakit Permata Medika Semarang”. Semarang: Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

RSUD M. Natsir Solok (2021). Laporan Kinerja RSUD M. Natsir Tahun 2020. https://rsudmnatsir.sumbarprov.go.id/. Diakses 26 April 2021.

Rusydi, Mhd (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Saputra, Fachri Eka (2020). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Jasa di Rumah Sakit Raflesia Bengkulu dan Dampaknya pada Perilaku Komplain Pasien”. Bengkulu: The Manager Review, Fakultas Ekonomu dan Bisnis Universitas Bengkulu.

Saputri, Ika Puji (2019). Modul 8 Pelatihan Sertifikasi Kompetensi: Menangani Keluhan Pelanggan. Depok: Universitas Gunadarma.

Shofiati, Ken Ati Nur (2016). Prosedur Handling Customer Complaint di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Temanggung. Laporan Tugas Akhir, IAIN Purwokerto. Purwokerto.

Yonasari, Esti et al. (2018). “Gambaran Penanganan Keluhan Pelanggan di Unit Customer Service Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang”. Semarang: Jurnal Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Vol. 6, No. 5, Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i2.3077

Article Metrics

Sari view : 769 times
PDF - 706 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.