KEJADIAN PASIEN PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI (PAPS) DI RSUD RAJA AHMAD THABIB PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Liza Wati, Umu Fadhilah, Endang Dwi Hastuti

Sari


Pasien Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) merupakan salah satu indikator penilaian mutu pelayanan rawat inap.  Menurut Standar Pelayanan Minimal (SPM) tidak boleh lebih dari 5 %. Meningkatnya kasus pasien pulang paksa memiliki dampak terhadap rumah sakit antara lain adalah menurunkan kinerja dan citra Rumah Sakit, dalam jangka lama dapat penurunan pendapatan Rumah Sakit. Pulang paksa merupakan tanda adanya ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Selama tahun 2017 kejadian pasien pulang atas permintaan sendiri didapatkan sebanyak 2,4% naik menjadi 2,7 % ditahun 2018 di RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepualauan Riau. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kejadian pasien pulang atas permintaan sendiri di RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau. Desain menggunakan metode deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah pasien di ruang rawat inap dengan PAPS selama tahun 2018 sebanyak 43 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Insidental. dengan jumlah  sampel sebanyak 27 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan  sebagian besar responden (77,8%) memiliki tingkat pendidikan rendah, sebagian besar (40,7) usaha kecil, sebagian besar (62,9) berpenghasilan rendah, lebih dari separuh responden (55,6%) tidak menggunakan asuransi kesehatan, lebih dari separuh (63%) responden puas dengan sikap petugas dan lebih dari separuh (59,3%) memiliki persepsi yang positif terhadap penyakit yang dideritanya. Rekomendasi penelitian adalah memberikan informasi yang jelas kepada pasien untuk dapat memanfaatkan asuransi kesehatan, manfaat bagi perawat memahami setiap kebutuhan pasien baik biopsikososialspiritual dan ekonomi serta memberikan pengalaman pertama yang menyenangkan saat perawatan agar pasien tidak mengalami PAPS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, T. Y. (2013). Tiga aspek penilaian mutu pelayanan. http://mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/19 headline/1194-tiga-aspek-penilaian-mutu-pelayanan. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018.

Anjaryani, Wike Diah, (2009). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSU Tugurejo Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Aneka Cipta.

Asih Eka Putri, (2014). Seri Buku Saku-2: Paham BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan), iedrich-Ebert-Stiftung.

Azwar, Saifuddin. (2013). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depertemen Kesehatan RI. 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4. Jakarta : Salemba Medika.

Notoadmojo, 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fadare, J.O., Obimakinde, A.M., Oloagun, D.o., Afolayan, J.M., Olatunya , O., & Ogunpide, O.K. (2014). Perception of Nurses about Palliative Care: Experiencefrom South-West Nigeria. Annals Of Medical and Health Sciences Research. http://www.amhsr.org/temp/AnnMedHealthSciRes457232542368_004222.pdf. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018.

Firmansyah, 2018.Perilaku konsumen. (Sikap dan pemasaran ), Deepublish :Yogyakarta.

Gunawan Erdi, (2013). Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Tarif Rumah Sakit Terhadap Pasien Pulang Paksa. Sumedang: Universitas Padjajaran.

Harahap, dkk (2020)faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pulang atas permintaan sendiri pasien di Rumah Sakit Kotapinang.

Irawan, Sugeng ( 2016) analisis kejadian pulang atas permintaan sedniri ( APS) pada pasien peserta BPJS yang dirawat di RSUD TAIS Kabupaten Seluma, UDM.

Kumar, 2019. Public–private partnerships for universal health coverage? The future of “free health” in Sri Lanka. Published online 2019 Nov 28. doi: 10.1186/s12992-019-0522-6

Lubis dan Simanjorang, 2018. Faktor yang mempengaruhi kejadian pulang atas permintaan sendiri ( PAPS) pada pasien rawat inap di RSU Madani Kota Medan

Menap, (2009). Analisis alasan pasien pulang paksa (Discharge Against Medical Advice) di RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah. Yogyakarta Universitas Gadjah Mada.

Noohi, K., Komsari, S., Nakhaee, N., & Yazdi Feyzabadi, V. (2013). Reasons for Discharge against Medical Advice: A Case Study of Emergency Departments in Iran. International Journal of Health Policy and Management, 1(2), 137–42. http://doi.org/10.15171/ijhpm.2013.25. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018.

Notoadmojo, S. ( 2015 ). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nurhidayat (2012). Persepsi siswa SMP Putra Bangsa terhadap perilaku merokok di Kelurahan Kemiri Muka, Depok. Skripsi. Depok. Universitas Indonesia.

Peterson, T., Donnelly, J. P., & Lo, a. (2013). Characteristics of Patients Leaving an Emergency Department Against Medical Advice: Analysis of a National Database. Annals of Emergency Medicine, 62(4), S85. http://doi.org/10.1016/j. annemergmed.2013.07.053. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018.

Pusparisa, 2020. Jumlah rumah sakit umum di Indonesia. Statista :data boks diakses tanggal 5 September 2021.

Ramadhan, Ben Fauzi. (2009). Persepsi Siswa/I SMA Terhadap Keselamatan Berkendara Motor Tahun 2009. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Shah et al.,2017. ExaExacerbations in Chronic Obstructive Pulmonary Disease: Identification and Prediction Using a Digital Health System. NCBI Literature Resources

Shirani F, Jalili, M, Asl-E-Soleiman H, (2010). Discharge Againts Medical Advice From Emergency Department : result from tertiary care hospital in tehran ; Iran:; http://www.clinicalky.com. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018.

Sugeng Haryono, (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Soedipo R, (2014). Analisis Kinerja Pelayanan Rumah Sakit Tahun 2011-2013 Dengan Pendekatan Balance Score Card di RSU Cianjur. Thesis Jakarta: Universitas Indonesia.

Suwarning (2020) gambaran kejadian pulang paksa pasien yang menjalani perawatan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Universitas Airlangga.

Wijayanti, Wiwiek (2018). Hubungan persepsi pasien tentang penyakitnya dengan tingkat kecemasan di Poloklinik Rawat Jalan RS Roemani Muhammadiyah Semarang.

Youssef, A. (2012). Factors associated with discharge against medical advice in a Saudi teaching hospital. Journal of Taibah University Medical Sciences, 7(1), 13–18. http://doi.org/10.1016/j.jtumed.2012.07.006. Diakses pada tanggal 05 Mei 2018




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2795

Article Metrics

Sari view : 5535 times
PDF - 1277 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.