PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT “S”
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit “S”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dan bersifat asosiatif kausal dengan cara mengumpulkan data melalui metode survey, yaitu melakukan observasi langsung dan membagikan kuisioner kepada pasien dan keluarga pasien di salah satu unit rawat inap Rumah Sakit “S”. Secara umum kepuasan pasien rawat inap yang dilihat dari tingkat kesesuaian harapan pasien terhadap indikator kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit “S” ditunjukan dengan hasil determinasi koefisien sebesar 82%, artinya dapat diketahui besarnya pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 82% dan sisanya 18% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa indikator reliability, responsiveness dan emphaty sangat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit “S”, sedangkan assurance dan tangible masih belum berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit “S”. Untuk mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan pada indikator-indikator yang menurut pasien masih belum sesuai dengan yang diharapkan, rumah sakit dapat mengamati secara rutin pelayanannya dengan peningkatan sarana dan prasarana, meningkatkan jaminan rasa aman, nyaman, dan lebih memperhatikan terhadap kebutuhan dan keinginan pasien.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kuntoro, W. & Istiono, W. (2017). ‘Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 143
Lupiyoadi, Rambat & Hamdani, A. (2006). ‘Manajemen Pemasaran Jasa’. Salemba Empat. Jakarta
Pertiwi, K (2010). ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St.Elisabeth Semarang’, vol. 12, no.02
Philip, K. & Amstrong, G. (2004). ‘Dasar-Dasar Pemasaran’. Prendhallindo. Jilid I. Jakarta
Muhtosim, A (2008). ‘Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan’. Bayumedia Publishing. Malang
Sari, D (2017). ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit “X”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, vol. 06, no. 01
Subagyo, A. (2010). ‘Marketing Bussines’. Mitra Wacana Medika. Jakarta
Sutopo, J.K. (2012). ‘Study evaluasi kepuasan pelayanan informasi RSUD DR.Raden Soedjati Soemodiardjo Kabupaten Grobogan’, Journal of Rural and Development, vol. III, no 1
Tjipto, F. (2008). ‘Strategi Pemasaran’, Andi Yogyakarta. Edisi keempat
Utama, S (2005). ‘ Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit’. Jurnal Manajemen Kesehatan, 09 (1), 1-7
Wusko, A.U. (2014). ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan’. Jurnal Yudharta
DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2741
Article Metrics
Sari view : 1967 timesPDF - 4170 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kunjungan Saat ini
Kunjungan Dari Negara
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.