HUBUNGAN KONSUMSI TABLET FE PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN ANEMIA

Desri Nova, Mirza Irawati

Sari


Anemia merupakan suatu keadaan di mana didapatkan kadar hemoglobin dalam darah dibawah normal. World Health Organization (WHO), 40 % kematian ibu dinegara berkembang berkaitan dengan anemia dalam kehamilan. Di Negara Indonesia didapatkan 63,5% ibu menderita anemia. Pemberian tablet Fe diawal kehamilan sangat penting karena tablet Fe bisa mencegah agar ibu hamil tidak mengalami anemia, dalam masa trimester pertama kehamilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsumsi tablet Fe pada Ibu hamil dengan kejadian anemia. Metode Jenis penelitian ini bersifat analitik (cross sectional) Data diperoleh melalui cara ukur observasi dan wawancara terpimpin alat yang digunakan lembaran checklist dan timbangan dengan sampel 41 orang ibu hamil, teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, dengan analisa data univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian didapatkan mayoritas mengkonsumsi tablet FE dan tidak anemia ada sebanyak 25 responden (61%), sedangkan responden yang mengkonsumsi tablet FE dan mengalami anemia ada sebanyak 14 responden (34%) dan tidak mengkonsumsi dan mengalami anemia ada sebanyak 2 responden (5%) jadi nilai ρ < 0,05 Kesimpulan bahwa hasil penelitian ini memiliki hubungan konsumsi tablet FE pada ibu hamil dengan kejadian anemia.Saran Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan penyuluhan tentang konsumsi tablet FE pada ibu hamil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ani, LS. 2016. Buku Saku Anemia Defisiensi Besi. Jakarta: EGC Marmi, 2013. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desfauza. 2016. Umur dan paritas ibu berhubungan dengan anemia pada ibu hamil di Klinik Bersalin Sumiariani Kec. Medan

Johor Hidayati. 2018. Hubungan Jumlah Paritas Dan Umur Kehamilan Dengan Kejadian Anemia Ibu Hamil

Mubarak, WI. (2007). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Prawirohardjo, S. (2007). Ilmu Kebidanan, Edisi 4: cetakan 3. Jakarta: Yayasan BinaPustaka Saswono Prawirohardjo.

Prawirohardjo, S. (2013). Patologi Kehamilan. Jl. Wonosari km, 6 Demblaksari Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakatra : Pustaka Baru Press.

Rohani. 2017. Dikat Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Palembang : Kampus : Palembang-Sumtera Selatan Soebroto I. Cara Mudah Mengatasi Problem Anemia. Yogakarta: Bangkit; 2009.

Sulistyawati A.2009.Buku ajar asuhan kebidanan pada ibu nifas. Yogyakarta: Andi Offset

Widatiningsih. 2016. Praktik terbaik asuhan kehamilan. Jakarta : Trans Medika

Word Health Organization (WHO). 2015. The Global Prevalence Of Anemia.ISBN 9789241564960.

Word Health Organization (WHO ) et all. 2013 Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasiltas Kesehatan Dasar dan Rujukan .Jakarta : Uncef et,all

Wiknjosastro. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT. Sarwono Prawiroharjo




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v3i2.2531

Article Metrics

Sari view : 109 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.