KEPUASAN MAHASISWA KESEHATAN DENGAN METODE PERKULIAHAN ONLINE SAAT PANDEMI COVID 19

Putri Wulandini, Sukarni Sukarni

Sari


ABSTRAK
Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Kualitas pendidikan menggambarkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Pandemi COVID menuntut pembelajaran online meskipun banyak menimbulkan pro dan kontra. Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui kepuasan Mahasiswa Kesehatan Dengan Metode Perkuliahan Online Saat Pandemi Covid 19 Tahun 2020. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain Penelitian Deskriptif, menggunakan google form untuk mengambil data kepuasan mahasiswa kesehatan. Pupulasi yakni seluruh mahasiswa kesehatan dengan sampel 427 orang. hasil penelitian didapatkan bahwa 205 responden (48%) menyatakan puas, 167 responden (39%) menyatakan kurang puas, 34 respondeng (8%) meyatakan tidak puas, dan 21 responden (5%) meyatakan sangat puas dengan metode pembelajaran online. Sehingga diharapkan dosen lebih memotivasi diri untu melengkapi perangkat pembelajaran berupa modul, video pada setiap pembelahjaran.
Keywords: kepuasan, mahasiswa kesehatan, perkuliahan online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Cheok M. L., and S. L. Wong, 2015 "Predictors of E-Learning Satisfaction in Teaching and Learning for School Teachers: A Literature Review," International Journal of Instruction., vol. 8, no. 1, pp. 75-90,

Fauzi Mahfuz.2020. Surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Diambil pada 22 oktober 2020 dari: https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar

Gadzella, dkk.2012. Confirmatory Factor Analysis and Internal Consistency of the Student-life Stress Inventory. Journal of Instructional Psychology.

Gunawati, R., Hartati, S., & Listiara, A. 2010. Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing utama skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip. Diambil pada 20 november 2020 dari: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi.

Henadrita Yane.2020. Surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Diambil pada 22 oktober 2020 dari: https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar.

Hidayat, A. A. 2007. Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data.

Jakarta:salemba medika.

Hutabaran, H 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Terhadap Proses Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Model Regresinya. Jurnal Ibonaci Vol 1 No 1 Tahun 2020. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/view/18821

Jarinto, K. 2010. Eustress: A Key to Improving Job Satisfaction and Health among Thai Managers Comparing US, Japanese, and Thai Companies Using SEM Analysis. NIDA Development Jour¬nal, 50(2), 100-129.

Kemendikbud. 2020. Surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Diambil pada 22 oktober 2020 dari: https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar

Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. 2014. The eustress concept: problems and out¬looks. World Journal of Medical Sciences, 11(2), 179-185. Diambil pada 24 november 2020 dari: DOI: 10.5829/idosi.wjms. 2014.11.2.8433

Kurniasaih e., masduki, 2020. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan tutorial online mata kuliah kurikuler matematika sma. Jurnal Universitas Terbuka Semarang. https://media.neliti.com/media/publications/176844-ID-tingkat-kepuasan-mahasiswa-terhadap-laya.pdf

Maliki Zainudin.2020. Surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Diambil pada 22 oktober 2020 dari: https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar

Notoatmodjo, S. 2017. Metodologi penelitian kesehatan. Jakatra: Pustaka Media.

Novita Dian. 2020. Plus minus penggunaan aplikasi-aplikasi dari selama Pandemi Covid19. Unimed Medan.

Pratama, M. R. 2015. Hubungan Motivasi Akademik dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan Semester https: Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta). Diambil pada 11 oktober 2020 dati : https//digilib.unisyayogya.ac.id.

Puspitasari, W. 2013. Hubungan antara Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi. Diambil pada 5 desember 2020 dari: https//digilib.unisyayogya.ac.id.

Purwandani, 2018 "Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna Elearning dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika", Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT),.

Prasetia T A., Harjono CT. 2020. Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17 No 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/25286

Robbins. 2010. Perilaku Organisasi, Edisi 8 Hall. Jakarta: Prentice. ___2006. Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, PT. Intan sejati, Klaten

Siska, M. 2011. Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa UIN SUSKA Riau Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Diambil pada 1 noveber 2020 dari: https://resoptory.uin-suska.ac.id.

Sudjana, N. 2010. Penilaian proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Syahabuddin. 2010. Hubungan Antara Cinta dan Stres Dengan Memaafkan Pada Suami Dan Istri. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas PsikologiUniversitas Gadjah Mada. Diambil pada 23 november 2020 dari: https://respository.ugm.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v3i2.2461

Article Metrics

Sari view : 785 times
PDF - 658 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.