EFEKTIVITAS MEDIA VIDIO TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK SEKOLAH: A LITERATURE REVIEW

Ayi Utari Listiadesti, Salman M. Noer, Yesi Maifita

Sari


Pendahuluan: Pendidikan kesehatan tentang cuci tangan menggunakan sabun melalui media video pada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka sehingga masyarakat dapat menerapkan perilaku cuci tangan menggunakan sabun. Literatur review ini bertujuan untuk membahas tentang efektivitas media vidio terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada masyarakat anak usia sekolah. Metode Penelitian: ini adalah literatur review. ini diperoleh dari 3 data base yaitu e-resources perpustakaan nasional, Google Scholar, dan Artikel dari Media Massa dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: “Media Video, Cuci Tangan, Penyuluhan”. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan melalui media vidio yang mudah dipahami dan menarik untuk dilihat, yaitu media vidio. banyak siwa yang merasa bosan dengan pembelajaran yang berkaitan dengan tulisan atau pun bacaan maka dari itu peneliti berminat untuk memberikan media vidio pembelajaran sangat menumbuhkan minat, motivasi, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran mengenai cara cuci tangan pakai sabun yang benar bagi siswa. Diskusi: Berdasarkan pemaparan dari berbagai jurnal penelitian ilmiah menyampaikan bahwa penggunaan media vidio dalam pemberian penyuluhan pada anak-anak tentang cara perilaku mencuci tangan pakai sabun dengan baik mampu memberikan hasil yang sangat signifikan, dimana adanya kemampuan anak untuk melakukan proses mencuci tangan sesuai dengan arahan dan petunjuk yang benar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adela. 2018. gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mencuci Tangan Pada Anak usia sekolah.

Aeni, Q., Beniarti, F., & Warsito, B. E. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode pemutaran video tentang PHBS cuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap. Jurnal keperawatan, 7(2), 1-5. https://doi.org/10.3390/ijerph8010097

Hermi Johan.(2018). Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn 027 Samarinda.Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan,4(6), 352. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.138

Igiany, P. D., Sudargo, T., & Widyatama, R. (2016).Efektivitas penggunaan video dan buku bergambar dalam meningkatkan pengetahuan , sikap , dan keterampilan ibu mencuci tangan memakai sabun.BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 32(3), 89–94.

James 2012. rinsip-prinsip Sains untuk Keperawatan. Erlangga. Jakarta.

Kemenkes RI, 2018. Profil Kesehatan Indonesia

Kemenkes RI, 2019. Profil Kesehatan Indonesia

Lestari, 2016. Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta

Maxine., Emma Cobb, Peter Donachie, Gaby Judah, Val Curtis, and Wolf Peter Schmid 2011. The effect of handwashing with water or soap on bacterial contamination of hands International journal of environmental research and public health, 8(1), 97-104

Mawaddatin, P. F. (2015). Pengaruh imaginative pretend play dengan media video animasi pengetahuan dan sikap perilaku hidup bersih sehat. The sun, 2(1

Notoatmodjo. 2018. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan,Jakarta: Rineka Cipta.

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122-130.

Saputri, A. A., & Suryati, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio-Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Anak Kelas IV di MI Jamilurrahman Bantul. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(3), 245-254.

Saputra, A., & Fatrida, D. (2019). Health Edukasi Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Di Sekolah Dasar Negeri 2 Mangunjaya. Khidmah, 2(1), 31-38.

Suryati (2019), Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Mencuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Film Terhadap Perubahan Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Sekolah. Tugas Akhir, Universitas Aisyah

Sariasih, Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Mencuci Tangan Pakai Sabun Menggunakan Media Film Terhadap Perubahan Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Sekolah. Tugas Akhir, Universitas Aisyah, 2017.

Utami W. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun pada masyarakat di Desa Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang Tahun 2016.[Tesis]. Jakarta: Universitas Indonesia; 2016

Wati, N., & Yuniar, N. (2017). Pengaruh Intervensi Penayangan Video terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sdn 10 Kabawo Tahun 2016. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 2(5).

Yusnita, Y. (2016). Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media poster, video dan leaflet terhadap pengetahuan siswa dalam mencuci tangan menggunakan sabun. Jurnal Ilmiah Kesehatan




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v3i1.2198

Article Metrics

Sari view : 4617 times
PDF - 3459 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.