PERILAKU PENERAPAN GIZI SEIMBANG MASYARAKAT KOTA BINJAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Dara Maulidini Akbar, Zuhrina Aidha

Sari


Gizi seimbang pada masa pandemi covid-19 sangat penting bagi pola hidup manusia karena dengan mengkonsumsi gizi seimbang maka masyarakat dapat menjaga kesehatan sehingga virus tidak mudah masuk kedalam tubuh dan dengan itu dapat memutuskan rantai penyebaran virus corona. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara secara mendalam kepada setiap responden dan menggunakan teknik random sampling. Sempel yang telah didapat sebanyak tiga responden, dan keseluruhan responden merupakan ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan bahwa, pengetahuan sikap dan tindakan yang dilakukan responden dalam penerapan gizi seimbang pada masa pandemi covid-19 sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga responden telah paham tentang gizi seimbang dan telah menerapkannya dirumah untuk menjaga kesehatannya beserta keluarganya pada masa pandemi covid-19. Saran untuk semua responden agar selalu menerapkan pola hidup sehat, serta selalu konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erry Yudhya Mulyani, S. M. (2020). Asupan Gizi dalam Upaya Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 1.

Ferdiaz, N. Y. (2020). Kekurangan Gizi Penyebab Kematian Anak Akibat Virus Corona, Kemenkes Bagikan Cara Praktis Mencukupi Kebutuhan Gizi Anak di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 1.

KEMENKES. (2017). Hari Gizi Nasional 2017: Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari. Jurnal Kesehatan, 1.

KEMENKES. (2020). Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 1.

KEMENKES. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi COVID-19. Artikel Kesehatan.

Lei Zhang, Y. L. (2019). Potensi Intervensi untuk Novel Coronavirus di Cina: Sebuah sistemik ulasan. Jurnal Kesehatan, 1.

PDGKI. (2020). Panduan Praktis Penatalaksanaan Nutrisi COVID19. Jurnal Kesehatan, 1.

Saragih, B. (20). GAMBARAN KEBIASAAN MAKAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kesehatan, 2.

Wahyuni, I. (Surakarta:Universitas Sebelas Maret Surakarta.2009). Pengetahuan Ibu tentang Gizi dengan Status Gizi Anak Balita di Desa Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Skripsi.

WHO. (2020). Menu gizi seimbang




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v3i1.2193

Article Metrics

Sari view : 4294 times
PDF - 5845 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.