ANALISIS PERBEDAAN PENURUNAN TEKANAN DARAH ANTARA PEMBERIAN JUS BUAH BELIMBING (AVERRHOE CARAMBOLA. L) DENGAN PEMBERIAN JUS BUAH MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS) TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI DERAJAT I

Pagdya Haninda Nusantri Rusdi

Sari


Latar Belakang : Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis saat tekanan darah dalam arteri meningkat di atas normal. Hipertensi adalah gejala peningkatan tekanan darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Untuk mencegah terjadinya komplikasi maka penanganan untuk hipertensi dapat dilakukan secara pengobatan farmakologis dan non farmakologis. Pengobatan farmakologis dilakukan dengan menggunakan obat-obatan antihipertensi sedangkan penanganan non farmakologis yaitu terapi komplementer berupa terapi herbal. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penurunan tekanan darah antara pemberian jus buah belimbing (averrhoe carambola l) dengan pemberian jus buah mentimun (cucumis sativus) terhadap penderita hipertensi derajat I di Kota Padang Panjang. Metode : Desain penelitian ini quasi experiment dengan sampel sebanyak 20 orang menggunakan tekhnik porposive sampling. Analisis data menggunakan uji T-test. Hasil : didapatkan Rata-rata tekanan darah sistolik yang diberikan jus belimbing pengukuran pertama dan kedua adalah 3,40 mmHg, rata-rata tekanan darah diastolik pengukuran pertama dan kedua yang diberikan jus belimbing adalah 3,79, rata-rata antara tekanan darah sistolik pengukuran pertama dan kedua pada pemberian jus mentimun adalah 1,81, dan nilai rata-rata antara tekanan darah diastolik pengukuran pertama dan kedua pada pemberian jus mentimun adalah 3,40. Hasil analisis didapatkan bahwa pada tekanan darah sistolik P value jus buah belimbing lebih kecil dari P value jus buah mentimun, dan pada tekanan darah diastolik didapatkan P value jus buah belimbing sama dengan P value jus buah mentimun. Kesimpulan : Dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada tekanan darah yang diberikan jus buah belimbing dengan jus buah mentimun terhadap penderita hipertensi derajat I di kota Padang Panjang. Semoga penelitian ini dapat memberikan informasi bahwa dengan mengkonsumsi jus belimbing dan mentimun secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adib, M, 2011. “Ragam Penyakit Mematikan”. Buku Biru : Jogjakarta.

Agung Prakoso, dkk. 2014. “Pengaruh Pemberian Jus Mentimun Terhadap Tekanan darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Posyandu Di Kabupaten Demak”. di STIKes Karya Husada Semarang.

Arikunto. S. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Didin, 2012. “Makanan Untuk Penderita Hipertensi”.

Hariada, Lauw Haris, 2011. “Pengaruh Jus Mentimun (Cucumis Sativus Linn) Pada Tekanan Darah Perempuan dan Laki-Laki Dewasa”.

Hariana, Arif. 2006. “Tumbuhan Obat dan Khasiatnya”. Penebar Swadaya : Jakarta

Khasanah Nur. 2012, “Waspadai Beragam Penyakit Degeneratif Akibat Pada Makanan. Laksana : Jogjakarta Lindsey. Tekanan Darah.

Muniroh, Lailatul. 2007, “Pengaruh Pemberian Jus Buah Belimbing dan Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik Penderita Hipertensi”

Myra, 2008. “Hipertensi Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Tinggi”. Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Olivia, Femi. 2012, “Keajaiban Antioksidan Belimbing”. Indonesia : Elex Media Komputindo

Puskesmas Kebun Sikolos, 2014. “Data Puskesmas Kebun Sikolos Tahun 2014”

Sulistiyono, Heri. 2009. “Pengaruh Pemberian Jus Belimbing (Averrhoa Carambola L) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik Pada Penderita Hipertensi”

Utami, Prapti, 2009. “Solusi Sehat Mengatasi Hipertensi”. Agromedia : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v1i2.2070

Article Metrics

Sari view : 537 times
PDF - 572 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.