HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT OLEH IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN KOGNITIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Regina Daulia Putri, Arya Ramadia, Irma Fidora

Sari


Latar Belakang : orang tua terutama ibu yang dianggap sebagai orang yang terdekat dengan anak berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk anak prasekolah. Anak usia prasekolah yang mengalami kesulitan ketika berbicara, dan tidak bisa mengucapkan kata dengan baik adalah permasalahan yang sering terjadi di masyarakat. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pemberian reinforcement oleh ibu dengan perkembangan bahasa dan kognitif pada anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina Bukittinggi. Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 65 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data diolah dengan menggunakan uji chi-square. Hasil : ada hubungan pemberian reinforcement oleh ibu dengan perkembangan bahasa dengan p value 0,002, dan perkembangan kognitif dengan p value 0,007. Kesimpulan : pemberian reinforcement oleh ibu memiliki hubungan yang signifikan terhadap perkembangan bahasa dan kognitif anak prasekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambartanti, Novita. (2009). Hubungan antara Pemberian Reinforcement oleh Ibu dengan Perkembangan Kognitif Anak Prasekolah di TK Kelurahan Beji Depok. Skripsi. Diakses tanggal 28 Januari 2016.

Dharma, K.K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media. Fauzan, Adam. (2013). Usia Kritis Belajar Bahasa. Diakses tanggal 09 April 2016. Sianaktunggal.blogspot.co.id/2013/01/usia-kritis belajar-bahasa.html

Hastuti, Widya. (2014). Hubungan antara Komunikasi dalam Keluarga dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah di TK Baso Jorong Baso Kabupaten Agam Tahun 2014. Skripsi strata satu, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Bukittinggi.

Hidayat, A.A. (2012). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta :

Mansur, Herawati. (2009). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Maryunani, Anik. (2010). Ilmu Kesehatan Anak dalam Kebidanan. Jakarta : Trans

Nasir, Abdul., dan Muhith, Abdul. (2011). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa :

Pengantar dan Teori. Jakarta : Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Potter, P.A., dan Perry, A.G (2005). Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Jakarta : EGC

Santrock, Jonh W. (2010). Psikologi Pendidikan (Educational Psychologi, 2nd ed). (Alih Bahasa : Tri Wibowo B. S.). Jakarta : Kencana Media Group




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v1i2.2064

Article Metrics

Sari view : 74 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.