PERBANDINGAN EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI GUIDED IMAGERY DENGAN TEKNIK RELAKSASI HOLLDING FINGER TERHADAP TINGKAT NYERI IBU POST SECTIO CAESAREA

Iba Adin Pangestu, Happy Dwi Aprilina

Sari


Latar Belakang: Sectio caesarea adalah suatu pembedahan guna melahirkan janin lewat insisi pada dinding abdomen. Tindakan sectio caesarea akan menyebabkan nyeri dan mengakibatkan terjadinya perubahan kontinuitas jaringan karena adanya pembedahan. Rasa nyeri post sectio caesarea dapat dikurangi dengan tindakan farmakologi dan non farmakologi, tindakan non farmakologi yang diteliti dalam penelitian ini adalah guided imagery dan hollding finger.Tujuan: Mengetahui perbandingan efektifitas teknik relaksasi guided imagery dengan hollding fingers terhadap tingkat nyeri ibu post sectio caesarea. Metode: Desain penelitian menggunakan pre experiment dengan rancangan two group pre test post test. Populasi penelitian adalah ibu post sectio caesarea sebanyak 34 responden yang terdiri atas 2 kelompok intervensi yaitu 1 kelompok menggunakan teknik relaksasi guided imagery dan 1 kelompok lagi menggunkan teknik relaksasi hollding finger. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah pasien post sectio caesarea, pasien sadar, pasien tidak mengalami gangguan pendengaran, dan pasien yang bersedia menjadi responden, kriteria eksklusinya adalah pasienyang tidak dapat mengikuti perintah, pasien gelisah, pasien dengan preeklamsi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji mann whitney u test. Hasil: Hasil p-value dari uji mann withney u test yaitusebesar 0,004, karena nilai p < 0,05 maka dapat diartikan ada perbedaan tingkat nyeri antara teknik relaksasi guided imagery dan ihollding finger. Beda nilai rata-rata (mean) pada teknik relaksasi guided imagery sebesar 30%, sedangakan pada teknik relaksasi hollding finger sebesar 48%.Kesimpulan: Teknik relaksasi guided imagery dan hollding finger efektif digunakan untuk mengurangi atau menurunkan tingkat nyeri ibu post sectio caesarea. Teknik relaksasi hollding finger memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan teknik relaksasi guided imagery.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Kesehatan RI. (2000a). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Jakarta: Depkes RI.

Depkes (2000b). Pedoman Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.

Depkes RI, (2009c). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu, dan Anak (PWS-KIA). Jakarta: Depkes RI

Kozier & Erb’s (2012). Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis Edisi 5. Jakarta: EGC.

Mochtar. (2010). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Edisi 4. Jakarta: EGC.

National Institute for Clinical Excellence (2008). Caesarean Section. Diakses 01 Juni 2018 dari http://www.nice.org.uk/nicemedia/pdf

Profil Dinas Kesehatan, (2010d), Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah.

Potter, Perry, (2006). Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses dan Praktik, Edisi 4, volume 2. Jakarta: EGC.

Prasetyo, SN. (2010). Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pinandita, I., Purwanti, E., Utoyo, B. (2012). Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparotomi. Diakses 01 Juni 2018 dari http://digilib.stikesmuhgombong. ac.id/.

Puwahang (2011). Jari-jari Tangan. Jari-jari Tangan. Diakses 01 Juni 2018 dari http://titik-refleksi-padatangan.com/.

Rahmayati, Yeni (2010). Pengaruh Guide Imagery Terhadap Kecemasan Pada Pasien Psizoafektif Pada Pasien RSJD Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syahriyani, ST. (2010). Pengaruh Teknik Relaksasi Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Apendiktomi di Ruang Perawatan Bedah RSU TK II Pelamonia Makassar. Diakses 01 Juni 2018 dari https://www.box.com/.

WHO. 2011. Global Survei on Material and Perinatal Health.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v1i1.2053

Article Metrics

Sari view : 372 times
PDF - 419 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.