Digital Pocket Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika

Eka Pasca Surya Bayu, Nadia Anasthasya

Sari


Pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah Padangpanjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh pendidik masih tergolong lemah, media yang digunakan pendidik hanya buku paket dan pendidik menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran digital pocket book  berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran digital pocket book  berbasis problem based learning pada pembelajran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar . Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase  dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase  dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital pocket book  berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

 

Kata Kunci: Digital Pocket Book, Poblem Based Learning, Operasi Aljabar Pada Matriks

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikian Dan Pembelajaran, 7(7).

Arfani, L. (2017). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 130-137.

Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. Susunan Artikel Pendidikan, 2(1), 1-11.

Lily, Rahmawati Prastya. (2022) Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD/MI. (skripsi Diploma thesis ,UIN Raden Intan Lampung).

Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. ALFABETA.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rosyid, M. Z. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulistyani, Dyah, N. H., Jam, J., & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5300

Article Metrics

Sari view : 38 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.