Analisis Dari Mulut Ke Mulut, Harga, Dan Bauran Produk Pada Keputusan Pembelian Famosta Shop Payakumbuh

Nurhaida Nurhaida, Raftul Fedri, Yana Yetria Susanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari mulut ke mulut, harga, dan bauran produk terhadap keputusan pembelian di Famosta Shop Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu situasi secara objektif dengan menggunakan angka. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling . Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa mayoritas responden yang mengetahui dan pernah membeli di Famosta Shop adalah perempuan (71%), mayoritas beralamat di Payakumbuh Barat (29%), rentang usia 15-25 tahun (85%), dan mayoritas pekerjaan dipegang oleh mahasiswa (73%). Hasil analisis data mengungkapkan pengaruh tiga variabel yaitu word of mouth, price, dan product mix terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh pada uji validitas masing-masing variabel yaitu diperoleh hasil yang valid, dan juga pada uji reliabilitas, dimana variabel word-of-mouth diperoleh hasil yang dapat diandalkan dan variabel price and mix tidak dapat diandalkan produk. Menurut temuan penelitian ini, toko famosta harus memperhatikan penawaran diskon harga yang besar dan perluasan fasilitasnya.

Kata kunci: Dari Mulut ke Mulut, Harga, Bauran Produk, dan Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ababil, R. (2019). Analisis Kualitas Produk, Dari Mulut Ke Mulut, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Kopi Senduro

Aldiawan, A. (2020). Analisis Hubungan Kualitas Produk, Harga, dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Di Depot Tommy Kediri SENMEA, 786-794.

Cahyaningrum, AN (2018) Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Dari Mulut Ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Indosat Ooredoo Jurnal Manajemen Diponegoro, 1-8.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi ke-12, Vol. 2, Indeks.

Kottler, P. (1999). Volume Pemasaran 1. Erlangga.

Kottler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip Pemasaran, Erlangga Edisi ke-12.

Kottler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13, Volume 2. Erlangga.

Nurcahyo, BH (2016) Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Lokasi, dan Dari Mulut Ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Taman Joglo Semarang Jurnal Manajemen Diponegoro, 1-16.

Perkasa, DH (2020). Pengaruh Dari Mulut Ke Mulut Elektronik (EWOM), Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DIJEMSS, I, 695-706.

Purwati, AA (2019). Analisis Pengaruh Variasi Iklan, Harga, dan Produk terhadap Keputusan Pembelian di Home Store Pekanbaru Economics Tips, III, 20-28.

Rahayu, P., & Edward, M. (nd). 2014. Pengaruh dari Mulut Ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian Konsumen untuk Produk Smartfren Andromax, 1-16.

Rembon, A. (2017). Pengaruh dari Mulut Ke Mulut dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di PT. Kangzen Kenko Indonesia di EMBA Manado, 05, 03.

Setiagraha, D. (2021). Pengaruh dari Mulut ke Mulut, Persepsi Harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Pempek: Produk Kuliner Lokal di Kota Palembang International Journal of Social Sciences, 52-59.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan Alfabet Litbang.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian: Alfabet

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran, Andy Yogyakarta

Wijayasari, N. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga, dan Variasi Produk pada Jurnal Manajemen Diponegoro Kabupaten Pekalongan, VII, 1-9.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5248

Article Metrics

Sari view : 37 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.