Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Payakumbuh

Neneng Wahyuni, Lili Hasmi

Sari


ABSTRAK: Penulisan teks resensi dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode Problem Based Learning. Pada metode ini siswa dituntut untuk aktif dalam memecahan masalah berkaitan dengan strukturk serta kerbahasaan teks resensi siswa. Tujuan yang akan dicapai antara lain menjelaskan perngaruh signifikan metode Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas, pada kelas tersebut dilaksanakan dua kali tes. Jumlah populasi 120 siswa, penarikan sampel menggunakan purposive sampling , dengan jumlah sampel 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dengan indikator penilaian yang pertama sistematika teks resensi dan yang kedua unsur kebahasaan teks resensi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (t-test) dalam pretest membuktikan thitung lebih besar dari pada ttabel (4,46 > 1,711), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, keterampilan menulis teks resensi siswa menggunakan metode Problem Based Learning sangat berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional.

Kata kunci : Menulis, Teks Resensi, Metode Problem Based Learning

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan Menulis Resensi. INA-Rxiv Papers, 17. Fauziah, Inti Fadah dkk. (2017). Pengaruh Model Take and Give dan Model

Konvensial terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Resensi. 1–9.

Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1.

Moshinsky, M. (1959). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. UNY Press : Yogyakarta (Vol. 13, Issue 1).

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapaanya.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260.

Sugiono.2015. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas XI. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis. Gorontalo.

Yunus, M. (2007). Konsep Menulis. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5239

Article Metrics

Sari view : 54 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.