Keanekaragaman Jenis Amfibi Ordo Anura Di Hutan Kemasyarakatan Harapan Jaya Batu Ampar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Fauzan Fauzan, Eko Subrata, Rahmi Ummi Kalsum

Sari


ABSTRAK : Hutan memiliki fungsi sebagai habitat bagi keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu keanekaragaman fauna tersebut adalah amfibi. Amfibi merupakan salah satu komponen penyusun ekosistem, baik secara ekologis maupun ekonomis. Pulau Sumatera sebagai salah satu pulau besar, tetapi belum banyak dilakukan penelitian mengenai Amfibi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis ordo Anura dan untuk mengetahui indeks keanekaragaman, indeks kemerataan serta indeks kesamaan di Hutan Kemasyarakatan Harapan Jaya Batu Ampar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman pada habitat akuatik (air) dan terestrial (darat). Metode yang digunakan dalam pengambilan data amfibi adalah Visual Encounter Survey (VES) dengan metode jalur transek. Setiap individu amfibi yang ditemukan diindentifikasi, kemudian dilakukan analisis data untuk menghitung Indeks Keanekragaman, Indeks Kemerataan, dan Indeks Kesamaan Jenis. Ditemukan sebanyak 116 individu terdiri dari 10 jenis amfibi yang tergabung dalam 3 famili: Bufonidae 2 jenis, Dicroglossidae 2 jenis, Ranidae 6 jenis. Pada habitat akuatik ditemukan 90 individu dan habitat terestrial 26 individu. Nilai Keanekaragaman total dikategorikan sedang yaitu H`=2.16, pada habitat akuatik H`=1.90 dan terestrial H`=1.58. Nilai Kemerataan total yaitu J =0.94, pada habitat akuatik J =0.83 dan terestrial J =0.68 dan tingkat kesamaan jenis Amfibi pada kedua habitat yaitu 82% yang dikategorikan tinggi.

Kata kunci: Keanekaragaman, Amfibi, Anura, Hutan Kemasyarakatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alikodra. 1990. Pengelolaan Satwa Liar. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Fauzan., F. Reza., N. Milantara., Fakhruzy., dan N. Milantara. 2023. Identifikasi Katak dan Kodok di Kota Padang. CV Brizqha Media Qita. Kota Padang.

Fauzan., Milantara, N. (2024). Dampak Aktivitas Antropogenik Terhadap Keanekaragaman Amfibi Di Daerah Aliran Sungai Batang Kuranji Kota Padang. Menara Ilmu. 18(1), 37–44.

Fauzan., G. Indra dan J. Saputra. 2022. Keanekaragaman Amfibi (Ordo Anura) di Hutan Nagari Sungai Batuang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Menara Ilmu.16 (1) : 1-7

Fauzan., Susilastri dan R. Afzian. 2023. Keanekaragaman Jenis Amfibi (Ordo Anura) di Hutan Lindung Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Menara Ilmu.17 (1) : 33-39

IUCN] International Union For Convertation of Nature and Natural Resources, Conservation International, and Nature Serve. 2016 Categories & Criteria. http: //www. Iucndlist. Org/static/categories_criteria_3_1 [3 Februari 2018].

Kamsi, M., Siska, H., Akhmad, J., dan Gabriella, F,. 2017. Buku Panduan Lapangan Amfibi dan Reptil di Kawasan Hutan Batang Toru. Herpetologer Mania Publishing. Medan

Muhamad, D., Agus, S., & M. Fajrin, H. (2022). Keanekaragaman Jenis Amfibi(Ordo Anura) Di Kawasan Hutan Lindung Bukit Rikidesa Suka Maju Kecamatan Air Nipiskabupaten Bengkulu Selatan. Journal of Global Forest and Environmental Science. 3 (1).

Mutolib, A., Yonariza, Y., Ismono, H., & Mahdi, M. (2015). Konflik agrarian dan pelepasan tanah ulayat (Studi kasus pada masyarakat Suku Melayu di Kesetian Pemangkuang Hutan Dhamasraya, Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 12, (3), 213-225.

Odum E. P. 1993. Dasar-dasar Ekologi.Edisi Ketiga. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Vinolia. (2017). Catatan dari Sumbar: dari soa) deforestasi, sampai hak kelola rakyat. Retrieved, sampai hak kelola rakyat. Retrieved June 14, 2019, from https:|//www. Mongabay. co. id. /2017/12/31/catatan-dari-sumber-soal-deforestasi-sampai-hak-kelola-rakyat/.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5238

Article Metrics

Sari view : 92 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.