PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY, PROJECT BASED LEARNING, DAN PEMBELAJARAN KOLABORASI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK SMKN 2 PAYAKUMBUH
Sari
Salah satu tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini adalah kurangnya kesiapan kerja lulusan, yang terlihat dari rendahnya tingkat penyerapan tenaga kerja. Sementara itu kebutuhan tenaga kerja di sektor industri diperkirakan meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi yang terus bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesiapan kerja peserta didik di SMKN 2 Payakumbuh yang dipengaruhi oleh variabel model pembelajaran teaching factory, project-based learning, dan pembelajaran kolaborasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan jumlah sampel yaitu 234 orang. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran teaching factory, project-based learning, dan pembelajaran kolaborasi terhadap kesiapan kerja peserta didik di SMKN 2 Payakumbuh. Secara simultan juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran teaching factory, project-based learning, dan pembelajaran kolaborasi terhadap kesiapan kerja peserta didik di SMKN 2 Payakumbuh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teaching Factory, Project-Based Learning, Pembelajaran Kolaborasi, Kesiapan Kerja
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i1.7175
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Supported by Association
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : fekonumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.