PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE BANK NAGARI CABANG ULAK KARANG PADANG

Henny Sjafitri

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh eksperential marketing secara parsial dan simultan terhadap terhadap brand image pada Bank Nagari Cabang Ulak Karang Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan studi perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien deteminasi. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan secara parsial dan simultan variabel sense marketing ,fell marketing, think marketing, act marketing, relate marketing. Dari kelima variabel fell marketing, think marketing, relate marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brand image pada Bank Nagari Cabang Ulak Karang Padang sedangkan pada variabel sense marketing dan act marketing secara parsial tidak berpengaruh terhadap brand image pada Bank Nagari Cabang Ulak Karang Padang. Sementara nilai koefisien determinasi terdapat pada nilai Adjusted R-Square sebesar 55,3% sedangkan sisanya 44,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Experiential Marketing dan Brand Image.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andreani, Fransisca. 2007. Experiential Marketing (sebuah pendekatan pemasaran). Universitas

Kristen Petra. Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2 No. 1 April 2007: 1-8.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS. Cetakan Keempat, Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, Aris, Tri, dan Dewi, Septiana, Novita. 2017. Entiseden Experiential Marketing dan

Konsekuensinya Pada Customer’s Brand Loyalty Motor Yamaha di Solo Raya. Dosen

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta, Jawa Tengah.

Jatmiko, Rohmat, Dwi dan Andharini, Sri, Nastiti. 2012. Analisis Experiential Marketing dan

Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Fakultas

Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia. Jurnal Manajemen dan

Kewiraushaan, Vol .14, No. 2, September 2012: 128-137.

Kotler, P., dkk. 2009. Marketing Management, An Asian Perspective (5th Ed.) Singapore: Prentice

Hall.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta:

Salemba Empat.

Rumanak, M. Dian, dan Rahayu, Budi. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase

Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English

Course Pare- Kediri. Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri–Kediri. Jurnal Ekonomi

Universitas Kadiri. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1, No. 2, September 2016.

Sangadji, Etta, Mamang, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Schmitt, Bernd H. 1999. Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel,

Think, Act, Relate to Your Company and Branda. New York: The Free Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v4i2.685

Article Metrics

Sari view : 168 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini