ANALISIS PREFRENSI MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA X DIKOTA PADANG

Tri Rachmat Riski

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta X dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi Perguruan Tinggi Swasta X untuk dapat memformulasikan posisioning yang relevan dalam mensikapi preferensi masyarakat atas Perguruan Tinggi Swasta X. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta X yang aktif pada tahun ajaran 2016/2017. Adapun jumlah sampel penelitian adalah 100 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Data primer bersumber dari pendapat masing-masing sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner kepada 100 responden atau 100 orang mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi Swasta X. Teknik analisis data factor memperlihatkan hasil bahwa preferensi mahasiswa dalam memilih program studi yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Swasta X dipengaruhi oleh 6 faktor yaitu faktor 1 dimana iklan yang menarik dan didukung dengan performance dan keandalan petugas dalam memberikan layanan yang cepat dan informatif. Pada faktor 2 lokasi yang strategis dan prosedur administrasi yang mudah memberikan pertimbangan penting bagi responden, sedangkan pada faktor 3 bukti fisik merupakan faktor penting bagi responden. Untuk faktor 4 biaya yang affordable dan informasi (Word of mouth) merupakan salah satu pertimbangan penting bagi responden, dan pada faktor 5 media promosi merupakan pertimbangan penting bagi responden. Dan terakhir pada faktor 6, keragaman program studi yang ditawarkan memberikan penguatan terhadap keputusan responden dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta X dikota Padang.

Kata kunci : Marketing Mix, Perilaku Konsumen, Kepuasan Dan Preferensi Konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikuntoro (1998), Metodologi Penelitian, Jakarta, P.T Indeks Gramedia.

Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Andreas Winardi

(Penerjemah). Yogyakarta : Andi.

Hair, J.F.Jr; R.E. Anderson, RL. Tatham dan W.C. Black, 1995.Multivariate Data Analysis With

Readings, Eanglewoods Cliffs, NJ : Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks

gramedia.

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, jilid II, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks

gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta :

PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta :

Erlangga.

Lupiyoadi Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v4i1.679

Article Metrics

Sari view : 36 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini