PENGARUH KREATIVITAS USAHA DAN INOVASI USAHA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP STARLING DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Kopi Pablo Kota Padang)
Sari
Penelitian ini difokuskan pada analisis pengaruh kreativitas dan inovasi dalam berusaha terhadap minat beli konsumen, dengan penerapan konsep Starling pada bisnis Kopi Pablo yang beroperasi di Kota Padang. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan pemilihan sampel dilakukan secara purposive, sehingga diperoleh sebanyak 97 orang responden sebagai partisipan dalam studi ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta pengujian statistik seperti uji normalitas, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Penelitian ini menemukan bahwa baik elemen kreativitas maupun inovasi usaha secara individual maupun kolektif berkontribusi secara positif dan signifikan dalam memengaruhi minat beli konsumen. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh bentuk persamaan regresi linear sebagai berikut: Y = 4,186 + 0,363X1 + 0,446X2 + e. Nilai koefisien determinasi sebesar 49,9% mengindikasikan bahwa hampir setengah variasi dalam minat beli konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Penelitian ini memberikan bukti bahwa peningkatan kreativitas dan inovasi merupakan komponen strategis dalam menarik minat konsumen dan menjaga keberlangsungan usaha Kopi Pablo.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Gita, C. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Minat Beli Konsumen Bakso O’Boss Di Kota Bengkulu. Jurnal Ekombis Review, 10(2), 2338–8412.
Harahap, S. , & N. H. (2022). Pengaruh Kreativitas terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 61–70.
Kurniawan, E. & M. (2023). Strategi Pemasaran Kopi Stralink (Kopi Keliling) di Wilayah Jabodetabek Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Jurnal Cahaya Mandalika, 1350–1356.
Septiani, V. A. , & dkk. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Pada Kopi Keliling Sebagai Alternatif Gaya Hidup Gen Z. Jurnal Ilmu Sosial, 5(4), 2988–1986.
Widayanti, L. (2024). Pengaruh Keragaman Produk, Kreativitas, dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Cafe" Toko Kue & Kopi Manislab" di Surabaya.(The Influence of Product Diversity, Creativity, and Information Technology on Consumer Purchase Interest at the".
Wiyono, H. D. , & dkk. (2020). Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 19–25.
Yuliani, A. R. M. R. (2022). Konsep Inovasi Usaha Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Universitas Negeri Makassar, 4(1), 65–74.
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i1.6771
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Supported by Association
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : fekonumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.