ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (STUDI PADA KLINIK SEHAT GAJAH MADA DI KOTA PADANG)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh setiap dimensi experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian untuk mengetahui pengaruh seluruh dimensi experiential marketing tersebut secara simultan terhadap
kepuasan pelanggan. Untuk jangka panjang, penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan (input) bagi pihak manajemen klinik untuk menentukan strategi yang tepat, dalam rangka meningkatkan kepuasan pasien pelanggan kliniknya. Dengan demikian, diharapkan jumlah pasien
pelanggan klinik tersebut akan semakin bertambah yang selanjutnya akan memberi keuntungan secara finansial dan prestise. Dari pihak pasien sendiri, diharapkan akan merasakan kenyamanan dan kepuasan selama berobat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien klinik Sehat Gajah Mada di kota Padang. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian diukur
dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa tanpa adanya elemen Sense, Feel,
Think, Act dan Relate maka Kepuasan pasien tetap ada dan positif sebesar 0,415. Dari hasil uji hipotesis secara parsial didapatkan bahwa setiap elemen experiential marketing, yaitu elemen
Sense, Feel, Think, Act dan Relate, mempengaruhi kepuasan pasien secara positif dan signifikan.
Elemen Think merupakan elemen experiential marketing yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien, yaitu sebesar 0,277. Sedangkan elemen Act merupakan elemen experiential marketing yang paling kecil pengaruhnya terhadap kepuasan pasien, yaitu sebesar 0,180. Dari hasil uji hipotesis secara simultan dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama, elemen Sense, Feel, Think, Act dan Relate berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan pasien Klinik Sehat Gajah Mada.
Kata kunci : Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alkilani, K., Ling, C. K., Abzakh, A. A. 2013. The Impact of Experiential Marketing and Customer
Satisfaction on Customer Commitment in the World of Social Networks. Jurnal Asian Social
Science, Vol. 9 No. 1 p. 262-270. ISSN 1911-2017. E-ISSN 1911-2025. Kuala Lumpur: Canadian
Center of Science and Education.
Andreani, Fransisca. 2007. Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen
Pemasaran. Vo. 2 No. 1. April 2007. 1-8.
Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Edisi I. Cetakan I. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Bassi, F. Experiential Goods and Customer Satisfaction: An Application to Films. Quality Technology &
Quantitative Management. Vol.7, No.1, pp.51-67, 2010
bpjs-kesehatan.go.id
Jatmiko, Dwi R. dan Sri Nastiti Andharini. 2012. Analisis Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan
Jasa Wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Manajemen dan
Kewirausahaan, Volume 14 No. 2 Hal 128-137. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Juwandi, Hendy Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Kertajaya, Hermawan. 2004. Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Kertajaya, Hermawan. 2005. Marketing in Venus. Jakarta: Mark Plus & Co.
Kotler, Philip,. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Seventh Edition,
Prentice Hall International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632, 2005.
Kotler, P. and Armstrong G. 2010. Principles of Marketing. 11th edition. New York : Prentice Hall
International
Kuo Ming Lin, Chia Ming Chang, and Zen Pin Lin, Min Lang Tseng, Lawrence W. Lan. Application of
Experiential Marketing Strategy to Identify Factors Affecting Guest Leisure Behaviour in Taiwan
Hot-Spring Hotel. WSESAS Transactions On Business And Economics. Issue 5, Vol. 6, May 2009.
Pages 229 – 240.
Kustini. 2007. Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset dan Ekonomi Bisnis. Vol. 7 No. 2 Hal 44-57.
UPN Veteran Jawa Timur.
Maghnati, F., Kwek Choon Ling, dan Amir Nasermoadeli. 2012. Exploring the Relationship between
Experiential Marketing and Experiential Value in the Smartphone Industry. International Business
Research. Vol. 5, No. 11, Hal 169-177. Kuala Lumpur: Canadian Center of Science and Education.
Nasution, M. N. 2005. Total Service Management. Jakarta: Ghalia.
Putri, Y. A. dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2010. Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas
Pelanggan Hotel “X” Semarang. Jurnal Aset. Vol. 12, No 2, Hal 191-195. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Rahardja, C. and D. Anandya. Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Behavioral Intention:
Timezone Game Center Surabaya. MPRA Paper. No. 25638, October 2010/11:42. Online at
http://mpra.ub.unimuenchen.de/25638/
Rini, Endang S. 2009. Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiential Marketing. Jurnal
Manajemen Bisnis. Vol. 2, No. 1, Hal. 15-20. Sumatera Utara: Universitas Sumetera Utara.
Schmitt, Bernd, H. 1999. Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, Relate to
Your Company and Brands. New York: The Free Press.
Sugiono dan Eri Wibowo. 2004. Statistik untuk Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS 15 For Windows.
Cetakan Keempat. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta.
Surianto, Agung dan Aisyah, Nurul. 2009. Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Strategik terhadap
Kepuasan. Jurnal Logos. Vol. 6, No. 2. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Tjiptono Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
Yuan, Yi-Hua "Erin" and Wu, Chihkang "Kenny". 2008. Relationships Among Experiential Marketing,
Experiential Value, and Customer Satisfaction. Journal of Hospitality & Tourism Research. Vol. 32,
No. 3, August 2008, 387-410.
Zeithaml,V.A, Bitner, M.J. & Glemler, D.D. (2009). Services marketing : integrating customer focus across
the firm. 5th ed. New York: McGraw Hill.
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v4i1.667
Article Metrics
Sari view : 364 timesPDF - 554 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.