PENGARUH STRATEGI MARKETING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATA RESORT TOGAT NUSA DI KEPULAUAN MENTAWAI

Harry Wahyudi, Edi Suandi, David Malik, Howardi Visza Adha, Chandra Syahputra, Yoddi Fatria Hosta

Sari


Strategi marketing dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan, harga, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap minat berkunjung wisatawa Resort Togat Nusa di Kepulauan Mentawai. Penelitian ini berjenis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wisatawan yang berkunjung ke Resort Togat Nusa di Kepulauan Mentawai. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dihitung dengan rumus slovin didapatkan sebanyak 80 orang responden. Pengumpulan data penelitian ini melalui kuesioner dengan skala likert dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yaitu uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai t hitung sebesar 2,017 > t tabel 1,665 dan nilai signifikan sebesar 0,047 < 0,05 sehingga hipotesis H1 dapat diterima. Secara parsial harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisata dengan nilai t hitung (-3,604) > t tabel 1,665 dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis H2 dapat diterima.,Secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisata dengan nilai t hitung sebesar 2,798 > t tabel 1,665 dan nilai signifikan sebesar 0,007 > 0,05 sehingga hipotesis H3 dapat diterima Secara simultan pengaruh kualitas  pelayanan,  harga,  dan  promosi  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  minat  berkunjung wisatawa Resort Togat Nusa di Kepulauan Mentawai dengan nilai F hitung 8,622 > F tabel 2,72 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis H4 dapat diterima. Hasil uji koefisien determinasi yang tertulis R Square sebesar 0,254, dapat dijelaskan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap minat berkunjung adalah sebesar 25,4% sedangkan sisanya yaitu 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak Resort Togat Nusa untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambah fasilitasnya, memberikan harga berupa paket wisata, dan bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan promosi kepada calon wisatawan

Kata Kunci: Minat Berkunjung, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i1.6612

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Supported by Association 

    

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : fekonumsb@gmail.com

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.