STRATEGI INOVASI UMKM : BIDANG KULINER BERBASIS EKONOMI KREATIF
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi inovasi UMKM : Bidang kuliner berbasis ekonomi kreatif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah data kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT. Untuk memperoleh data dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah Informan utama dalam penelitian ini sebanyak lima belas (15) orang pelaku UMKM bidang kuliner yang ada di Kota Solok. Informan pembantu adalah Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Kota Solok dan informan pelengkap yaitu pelanggan dari UMKM Bidang Kuliner Di Kota Solok. Hasil penelitian menunjukan dari hasil pengelolaan data dengan menggunakan metode analisis SWOT, diperoleh matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation) yaitu Kekuatan (Strengths) = 1,86 Kelemahan (Weakness) = 1,10 Peluang (Opportunities) = 1,41 Ancaman (Threats) = 1,39 yang mana UMKM ekonomi kreatif di Kota Solok khususnya dalam bidang kuliner, tingkat pertumbuhan dan perkembanganya pada saat ini berada di posisi menengah. Berdasarkan hasil matriks IE posisi UMKM bidang kuliner di Kota Solok, berada di Kuadran V Hold & Maintain atau pertahankan dan jaga. Artinya usaha berada pada posisi menengah baik secara internal maupun eksternal. Strategi yang digunakan adalah strategi kombinasi dengan mempertahankan operasi yang ada sambil mengembangkan dan memanfaatkan peluang pertumbuhan usaha.
Kata Kunci : UMKM, Strategi Pengembangan, Peningkatan Inovasi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Helmi, B., Heriwibowo, D., & Sumbawa, U. T. (2022). Analisis Inovasi Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing. Studi Kasus Pada CV Karya Iwin Insani Dan CV Organic Lombok. 10(1), 139–150.
Mukhtar, N. A. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Di Kota Palopo. jurnal penelitian, 24–54.
Mursalini, W. I., & Ermalina, L. (2021). Dampak Rekan Kerja Dan Dukungan Sosial Terhadap Kreativitas Karyawan UMKM Di Kota Solok. jurnal advance, 15(2), 22–33.
Nasir, H., Nurhayati, & Sriyanti, E. (2023). Analisis Upaya Dinas Koperasi Usaha, Kecil, Menengah Perindustrian Dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok Dalam Mengembangkan Potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. jurnal publikasi sistem informasi dan manajemen bisnis (JUPSIM), 2(1), 102–119.
Nasrah, R., Agriqisthi, & Wahyuni, L. (2022). Pemberdayaan Usaha UMKM Ecopaliko Nagari BukikLimbuku Berbasis Teknologi dan Fashion Ramah Lingkungan Melalui Ecoprint. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 3(1), 13–18.
Nawangsari, W., & Destiarni, R. P. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Bantal Kapuk Untuk Peningkatan Daya Saing : Sebuah Analisis Swot Dan QSPM. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 125–138. https://doi.org/10.19184/jsep.v16i2.38417
Nengsih, R. A., Roza, S., & Nurhayati. (2023). Dampak Karakteristik Biografis dan Fasilitas Kerja Terhadap Tugas Pegawai ( Study Kasus Dinas Koperasi , UKM , Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Solok ). journal of management and creative bussiness (JMCBUS), 1(1), 23–34.
Ningsih, T. F., Nasrah, R., & Arfimasri. (2024). Strategi Inovasi dan Kreativitas dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Qiara Cake Cupak). Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 13(2), 60–77.
Nurhayati, A. (2020). Strategi Bisnis Produk UMKM Dengan Modifikasi Metode Korespodensi Statistik. jurnal ilmiah nasional bidang ilmu teknik, 08(01), 8–13.
Putra, R. A., Narah, R., & Yeni, A. (2024). Studi Kasus Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Industri Kerupuk dan Sejenisnya di Kota Solok : Peningkatan Kualitas SDM dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Usaha. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 13(2), 1–17.
Rojali, A. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner Pedagang Kaki Lima Pada Pajak Inpres Pasar 3 Kecamatan Medan Denai. penelitian, 4–84.
Safitra, R., Yeni, A., & Nirwana, I. (2023). The Effect of Discipline and Motivation on Employee Performance in Micro Small Medium Enterprises ( MSMES ) Songket Weaving Crafts Aina Silungkang Kota Lunto ’ s Sawah. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 14(5), 165–169.
Sari, C. P., Nurhayati, & Nirwana, I. (2023). Pengaruh Kompetensi Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) ( Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Koto Baru. journal of creative student research, 1(1), 55–68.
Trisnawati. (2019). Kajian Inovasi Sektor Usaha Kecil Menengah ( UKM ) dengan Pendekatan Sistem Dinamis ( Studi Kasus pada Industri Makanan di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 4(1), 60–67.
Yadewani, D., Wijaya, R., Mursalini, W. I., & Almasdi. (2023). The Effect Of Skills And Experience On The Performance Of Small And Medium Enterprises With Innovations As Mediation Variable. journal of bussiness and entrepeneurship, 9(1), 12–24.
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i2.5923
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.