PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SERTA DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 51 DAN SDN 15 MANDAU

Zurliati Zurliati, Zamhir Basem

Sari


Penelitian ini dilakukan pada SDN 51 dan SDN 15 Mandau dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang terjadi antara kompetensi dan motivasi guru dalam menerapkan model pembelajaran snowball throwing serta dampaknya pada prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 32 orang guru dan sampel ditentukan menggunakan teknik sensus jenuh sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 32 orang responden. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan memanfaatkan softwere SmartPLS versi 3.0. Hasil dalam penelitian menunjukkan kompetensi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap efektivitas penerapan model pembelajaran snowball throwing,  motivasi guru berpengaruh signifikan secara langsung terhadap efektivitas penerapan model pembelajaran snowball throwing, kompetensi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap prestasi belajar siswa, motivasi guru berpengaruh signifikan secara langsung terhadap prestasi belajar siswa, efektivitas penerapan model pembelajaran snowball throwing berpengaruh signifikan secara langsung terhadap prestasi belajar siswa; kompetensi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran snowball throwing, motivasi guru berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran snowball throwing.

 

 

Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi, Snowball Throwing dan Prestasi Belajar 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i2.5340

Article Metrics

Sari view : 33 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.